Wabup Iswanti terima kunjungan Pelni di Pelabuhan Teluk Segintung

id Pemkab seruyan, wabup seruyan, iswanti, pt pelni cabang sampit, pelabuhan teluk segintung

Wabup Iswanti terima kunjungan Pelni di Pelabuhan Teluk Segintung

Wakil Bupati Seruyan Iswanti (ketiga kiri) saat menerima kunjungan PT Pelni Cabang Sampit di Pelabuhan Teluk Segintung, Sabtu, (23/1/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti menerima kunjungan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Sampit di Pelabuhan Teluk Segintung.

“Kami menyambut baik kedatangan pihak Pelni ke Seruyan, untuk melihat langsung situasi Pelabuhan Teluk Segintung, sehingga nantinya pelabuhan ini bisa dimaksimalkan,” kata Iswanti di Kuala Pembuang, Sabtu.

Kunjungan tersebut dalam rangka survei Pelabuhan Teluk Segintung terkait rencana pengoperasian kapal penumpang Pelni, sehingga bisa berjalan lancar.

Adanya kunjungan Pelni Sampit ini, diharapkan bisa menambah armada dan juga rute pelayaran yang  telah direncanakan di pelabuhan tersebut, sehingga masyarakat bisa menggunakan fasilitas itu dan juga mendorong peningkatan perekonomian daerah.

“Hasil kunjungan uji coba bersandarnya Kapal Perintis Sabuk Nusantara 35 (Pelni) di Pelabuhan Segintung berjalan baik dan lancar, dengan rute Semarang-Karimun Jawa, Teluk Segintung-Karimun Jawa, Teluk Segintung-Kuala Jelai, Kuala Jelai-Kendawangan, Kendawangan-Karimun Jawa, serta Karimun Jawa-Semarang,” ungkap Iswanti.

Ia menambahkan dengan optimalnya pengoperasionalan pelabuhan ini, maka akan terwujud Pelabuhan Segintung sebagai pintu gerbang perekonomian kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring.

“Saya yakin pelabuhan ini akan menjadi salah satu keunggulan Seruyan karena sangat strategis untuk dikembangkan, baik barang ataupun penumpang, karena langsung berbatasan dengan Laut Jawa. Dari sisi waktu tentu bisa lebih cepat, hanya saja perlu pembenahan dan penambahan fasilitas penunjang, agar berjalan dengan lancar," ucapnya.

Sementara itu Kepala PT Pelni Cabang Sampit Muhamad Jabir menyampaikan masukan kepada Pemkab Seruyan, yakni untuk memaksimalkan pelabuhan tersebut perlu adanya perbaikan jalan menuju pelabuhan, serta perbaikan sedikit bangunan terminal karena lama tidak dipakai.

“Akses jalan sangat penting untuk memperlancar aktivitas pelabuhan, agar kemudian juga terminal yang sudah ada tersebut perlu diperbaiki sedikit karena memang lama tidak terpakai tentu ada yang rusak,” demikian Jabir.