Legislator Gumas dukung rencana Air Terjun Batu Mahasur jadi wisata keluarga

id Legislator Gumas ,Air Terjun Batu Mahasur jadi wisata keluarga,Legislator Gumas dukung rencana Air Terjun Batu Mahasur jadi wisata keluarga

Legislator Gumas dukung rencana Air Terjun Batu Mahasur jadi wisata keluarga

Legislator Kabupaten Gumas Cici Susilawati. (ANTARA/HO – Cici Susilawati)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Cici Susilawati mendukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten setempat yang berencana menjadikan Air Terjun Batu Mahasur sebagai destinasi wisata keluarga.

Terlebih Air Terjun Batu Mahasur terletak di wilayah Kota Kuala Kurun dan akses jalan ke sana sudah mulus beraspal, kata Cici saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Selasa.

“Akses jalan ke Air Terjun Batu Mahasur sudah mulus beraspal, sehingga siapapun tidak akan kesulitan untuk berkunjung ke sana. Memang ada beberapa hal yang harus dibenahi agar pengunjung lebih nyaman di sana,” ucapnya.

Misalnya saja perlu dilakukan pembenahan terhadap tangga dari semen di lingkungan objek wisata Air Terjun Batu Mahasur. Sebab, tangga dari semen yang ada di sana terbilang tinggi dan curam bagi anak-anak, lansia, dan kaum difabel.

Baca juga: Masyarakat Kalteng diajak dukung pembukaan akses baru Pulpis-Gumas

Menurut dia, dengan adanya pembenahan terhadap tangga dari semen di lingkungan objek wisata Air Terjun Batu Mahasur maka anak-anak, lansia, dan kaum difabel akan lebih nyaman saat berkunjung ke sana.

“Saya harap ke depan sarana yang ada di Air Terjun Batu Mahasur tidak hanya nyaman digunakan oleh orang dewasa, namun juga bagi anak-anak, lansia, dan kaum difabel,” tutur politisi Partai Demokrat ini.

Sebelumnya, Kepala Disbudpar Gumas Eigh Manto mengatakan Air Terjun Batu Mahasur direncanakan menjadi destinasi wisata keluarga. Disamping itu akan diupayakan agar bisa disinergikan dengan wisata kuliner serta mini galeri untuk anjungan dari para pengrajin.

Baca juga: Legislator Gumas: Rencana gali PAD dari TPA harus matang

Dia menuturkan, dengan adanya mini galeri maka para para pengrajin dapat memamerkan sekaligus menjual hasil karya mereka kepada wisatawan yang datang ke Air Terjun Batu Mahasur.

Penataan di lingkungan Air Terjun Batu Mahasur, sambung dia, juga akan diatur sedemikian rupa agar anak-anak merasa nyaman jika berkunjung, serta ramah bagi kaum difabel dan lansia.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan Batu Mahasur menjadi wisata keluarga Disbudpar Gumas telah menyusun rencana utama atau master plan kawasan destinasi objek wisata Air Terjun Batu Mahasur.

“Setelah master plan selesai dikerjakan, maka pada tahun 2021 ini Disbudpar Gumas akan melanjutkan dengan menyusun detail engineering design (DED) untuk mengetahui detail kebutuhan anggaran,” demikian Eigh Manto.

Baca juga: Pengrajin Gumas berinovasi dengan kecapi ukiran timbul

Baca juga: DPRD Gumas ajak masyarakat dukung program Polda Kalteng

Baca juga: Retribusi pelayanan persampahan DLHKP Gumas capai ratusan juta rupiah