Jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak di Gunung Mas

id pilkades serentak,gunung mas,Jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak di Gunung Mas ,gumas

Jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak di Gunung Mas

Kasi Penataan dan Penguatan Kapasitas Pemerintahan Desa pada DPMD Gumas Fhilips VanRoyen. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Yulius melalui Kasi Penataan dan Penguatan Kapasitas Pemerintahan Desa Fhilips Van Royen mengatakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III di kabupaten itu rencananya akan dilaksanakan pada Oktober 2021.

"Awalnya pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III direncanakan pada 3 November 2020. Namun karena terjadi pandemi virus corona atau COVID-19, maka pelaksanaannya ditunda dan akan dilakukan pada Oktober 2021. Untuk tanggalnya masih belum ditentukan," ucap Fhilips di Kuala Kurun, Senin.

Dia menjelaskan, bulan Oktober dipilih sebagai waktu pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Serentak Gelombang III dengan pertimbangan seluruh tahapan dapat selesai pada akhir tahun, dan pelantikan kades terpilih dilaksanakan pada awal 2022.

Diharapkan, ujar dia, kades terpilih nantinya dapat fokus bekerja mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2022, tanpa terbebani pertanggungjawaban APBDes tahun anggaran 2021.

Baca juga: Usai jalani vaksinasi COVID-19, ini yang dirasakan Bupati Gumas

“Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III di Gumas akan dilakukan di 14 desa yang tersebar di Kecamatan Rungan, Rungan Barat, Rungan Hulu, Tewah, dan Kahayan Hulu Utara,” bebernya.

Adapun ke 14 desa tersebut adalah Bereng Baru, Bereng Malaka, Luwuk Kantor, Tumbang Baringei, Tumbang Bunut, dan Tumbang Malahoi di Kecamatan Rungan. Lalu Tumbang Bahanei dan Tumbang Langgah di Kecamatan Rungan Barat.

Kemudian di Hantapang, Jangkit, Sangal, dan Tumbang Mujai di Kecamatan Rungan Hulu. Selanjutnya Batu Nyiwuh di Kecamatan Tewah, serta Teluk Kanduri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas apresiasi pelaksanaan pemilihan Ketua RT di Tumbang Tariak

Saat ini, sambung dia, ke 14 desa tersebut dipimpin oleh penjabat (Pj) kades. Sebagai Pj Kades Bereng Baru adalah Zulvikar Ali Wardana, Pj Kades Bereng Malaka adalah Dargo, Pj Kades Luwuk Kantor adalah Didiyansyah.

Pj Kades Tumbang Baringei adalah Rusnie, Pj Kades Tumbang Bunut adalah Darung Ajeng, Pj Kades Tumbang Malahoi adalah Garnedie, Pj Kades Tumbang Bahanei adalah Abdul Jalil Pakaja, dan Pj Kades Tumbang Langgah adalah Gelvia.

Pj Kades Hantapang adalah Thomas Harapan, Pj Kades Jangkit adalah Panjung, Pj Kades Sangal adalah Kordian, dan Pj Kades Tumbang Mujai adalah Mujiadi, Pj Kades Batu Nyiwuh adalah Hendra Surya, dan Pj Kades Teluk Kanduri adalah Sedie.

“Desa akan dipimpin oleh Pj kades selama kades terpilih belum dilantik. Kita doakan saja pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III di Gumas berjalan dengan baik, aman dan lancar,” demikian Fhilips.

Baca juga: DPRD Gumas berharap bantuan KUBE dapat tingkatkan perekonomian

Baca juga: Tak salurkan BLT DD, pemdes di Gumas bakal disanksi

Baca juga: Bupati Gumas dijadwalkan jalani vaksinasi COVID-19 pada 1 Februari 2021