DPRD Gumas berharap bantuan KUBE dapat tingkatkan perekonomian

id Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe , DPRD Kabupaten Gunung Mas,Gumas,Kalteng,bantuan KUBE

DPRD Gumas berharap bantuan KUBE dapat tingkatkan perekonomian

Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalte (ANTARA) - Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe berharap bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dapat meningkatkan perekonomian KAT Sei Hanyo di Desa Tumbang Hamputung, Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

"Tahun 2020 lalu Dinas Sosial Gumas menyalurkan bantuan KUBE berupa bibit ayam dan babi kepada empat kelompok pada KAT Sei Hanyo. Saya harap bantuan tersebut dapat meningkatkan perekonomian mereka," kata Riantoe saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Komisi III DPRD Gumas yang membidangi kesejahteraan rakyat ini melihat bahwa setidaknya bantuan bibit ayam dan babi dapat meningkatkan kemandirian pangan bagi KAT Sei Hanyo. Untuk itu, demi keberhasilan bantuan KUBE, diperlukan kerja sama lintas sektor untuk mendampingi kelompok penerima bantuan dalam mengembangbiakkan bibit ayam dan babi.

“Bantuan KUBE merupakan modal awal bagi penerima bantuan. Saya harap mereka dapat mengembangbiakkan bibit ayam dan babi yang telah diterima, demi peningkatan ekonomi serta kemandirian pangan," kata Riantoe.

Wakil rakyat Gunung Mas dari daerah pemilihan II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya juga berharap ke depan bantuan KUBE dapat disalurkan untuk KAT lainnya.

Baca juga: Tak salurkan BLT DD, pemdes di Gumas bakal disanksi

Sebelumnya, Kepala Dinsos Gumas Jhonson Ahmad melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Yuritae mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan KUBE bagi KAT Sei Hanyo di Tumbang Hamputung pada tahun 2020.

"KAT Sei Hanyo Desa Tumbang Hamputung terdapat 36 kepala keluarga (KK). Yang mendapat bantuan KUBE ada empat kelompok dimana satu kelompok terdiri dari lima KK," ucapnya.

Dia menyebut, bantuan yang disalurkan adalah bibit ayam dan babi. Dari empat kelompok, satu kelompok mendapat bantuan bibit ayam dan tiga kelompok lainnya mendapat bantuan bibit babi.

Untuk bibit ayam, kata dia, jumlah bantuan yang disalurkan adalah sebanyak 130 ekor terdiri dari jantan dan betina. Sedangkan untuk bibit babi masing-masing kelompok mendapat enam ekor dengan rincian lima betina dan satu jantan.

Sebenarnya, sambung dia, Dinsos Gumas juga telah menyusun anggaran untuk menyalurkan bantuan KUBE kepada KAT di Tumbang Tuwe dan Tumbang Bahanei. Namun pandemi COVID-19 membuat bantuan KUBE hanya bisa disalurkan kepada KAT di Tumbang Hamputung.

"Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya refocusing anggaran pada tahun 2020 lalu. Rencana awal bantuan KUBE disalurkan kepada tiga KAT hanya bisa disalurkan kepada satu KAT," demikian Yuritae.

Baca juga: Bupati Gumas dijadwalkan jalani vaksinasi COVID-19 pada 1 Februari 2021

Baca juga: Polres Gumas tegaskan proses hukum tiga penambang ilegal berlanjut

Baca juga: Forum GenRe Kalteng diminta selesaikan PR jelang berakhirnya masa kepengurusan