Pelari Kenya pecahkan rekor dunia lari 5 km

id beatrice chepkoech,pelari kenya,pecahkan,rekor dunia,lari 5 km

Pelari Kenya  pecahkan rekor dunia lari 5 km

Foto arsip - Pelari Kenya Beatrice Chepkoech saat berkompetisi pada final nomor 3000 meter halang rintang pada Kejuaraan Dunia Atletik2019 di Khalifa International Stadium, Doha, pada 30 September 2019. (AFP/ANDREJ ISAKOVIC)

Jakarta (ANTARA) - Pelari Kenya Beatrice Chepkoech memecahkan rekor dunia lari lima kilometer putri dalam ajang Monaco Run pada Minggu waktu setempat untuk unggul satu detik dari pemegang rekor sebelumnya, Sifan Hassan.

Pelari berusia 29 tahun itu mencatatkan waktu 14 menit 43 detik saat mengelilingi jalanan kota Monaco, demikian dilaporkan Reuters.

Chepkoech yang juga pemegang rekor dunia nomor 3.000 meter lari halang rintang putri itu harus berjuang melawan kondisi berangin saat berlomba dengan bantuan pacemaker atau pemandu lari, Luuk Maas.

“Saya sangat senang. Meskipun udaranya sangat berangin, saya berhasil mengatasinya untuk berlari sesuai dengan target waktu saya,” kata Chepkoech.

“Pacemaker saya mengatakan bahwa ‘kita bisa melakukannya, ayo terus dorong.' Saya gembira dengan rekor ini,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pelari Uganda Joshua Cheptegei yang juga juara dunia lari 10.000 meter berhasil memenangi perlombaan kategori putra dengan catatan waktu 13 menit 14 detik.