Belum ada laporan korban jiwa feri terbalik di Sambas

id Feri terbalik ,Sambas,Pontianak,Kalbar,Bupati Sambas, Kalimantan Barat Atbah Romin Suhaili

Belum ada laporan korban jiwa feri terbalik di Sambas

Kondisi kapal feri terbalik dan penumpang yang segera menyalamatkan diri (ANTARA/Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Bupati Sambas, Kalimantan Barat Atbah Romin Suhaili bersama instansi terkait dan Forkopimda meninjau langsung lokasi penyeberangan Tebas Kuale - Perigi Piai di Tebas di mana kapal feri KMP Bili terbalik dan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atas kejadian tersebut.



"Kita bersama Forkopimda terkait langsung ke lokasi. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Sabtu.



Atbah menambahkan bahwa dalam kejadian tersebut hanya terdapat luka dan lainnya. Penumpang yang terluka tersebut langsung dilarikan ke layanan kesehatan terdekat.



"Kita terus memantau dan mendata penumpang. Korban luka telah dibawa ke layanan kesehatan," katanya.



Ia menjelaskan bahwa terbaliknya KMP Bili tersebut karena angin kencang di daerah tersebut. Sementara faktor kelebihan kapasitas penumpang dan kendaraan dimungkinkan tidak karena justru ada pengurangan jumlah kendaraan yang dibawa dibandingkan hari biasa.



"Dalam kapal tersebut ada 40 sepeda motor, 11 truk bermuatan material, 2 mobil pribadi. Dari kapasitas tidak juga. Tentu kejadian ini faktor angin yang kencang," ujar dia.



Dengan kejadian tersebut pihaknya terus memantau kondisi korban dan segera memanggil penanggungjawab untuk segera menyiapkan kapal alternatif secepatnya.



"Kemudian kita juga akan mengalihkan jalur lintas kapal feri ke Jembatan Semantir di Perigi Parit, Teluk Keramat. Untuk sementara itu langkah cepat kita. Semoga semua berjalan lancar dan tanpa kendala lagi," ucap dia.



Sementara itu, Tim SAR gabungan menurunkan tim penolong ke lokasi terbaliknya kapal feri KMP Bili penyeberangan Tebas Kuale - Perigi Piai.



"Kejadian terbaliknya kapal feri itu cukup cepat, dan saat ini tim penyelamat dari Pos SAR Sintete sudah di lokasi kejadian," kata Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Sabtu.



Dia menjelaskan, sebuah kapal feri penyeberangan KMP Bili mengalami kecelakaan, kapal tersebut terguling di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Sabtu, sekitar pukul 14.00 WIB.



Yopi menambahkan hingga saat ini penyebab atau kronologis kejadian belum diketahui.



"Kami belum mengetahui pasti penyebabnya. Saat ini tim SAR gabungan fokus untuk mencari apakah masih terdapat korban yang terjebak di kapal tersebut dan belum sempat menyelamatkan diri," kata dia