DPMDS Bartim gandeng BPKP Kalteng tingkatkan pembinaan BUMDes

id DPMDS Bartim gandeng BPKP Kalteng tingkatkan pembinaan BUMDes, Kalteng, Bartim, Barito timur, bumdes

DPMDS Bartim gandeng BPKP Kalteng tingkatkan pembinaan BUMDes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Bartim, Barnusa. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial setempat mencarikan solusi dari kendala yang dihadapi Badan Usaha Milik Desa di wilayah setempat.

"Solusi yang dicari agar bagaimana BUMDes bisa berkembang, karena saat ini banyak BUMDes yang belum maksimal dikelola. Untuk itu perlu dievaluasi dan didata apa kendalanya sehingga ada solusinya," kata Kepala DPMDS Bartim, Barnusa di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, dalam mencari solusi untuk BUMDes maka DPMDS Bartim menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalteng dalam pembinaan BUMDes, khususnya dalam pengelolaan keuangan dan pengembangannya.

Selain itu, DPMDS Bartim juga melaksanakan rapat koordinasi BUMDes se Kabupaten Bartim tahun 2021 dengan narasumber dari tenaga ahli bidang program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa atau dikenal dengan P3MD.

"Dikarenakan kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan rakor menggunakan protokol kesehatan dan tiap kecamatan minimal diikuti dua desa yang dipilih," kata Barnusa lagi.

Dalam rakor tersebut ada beberapa yang diminta dibahas, diantaranya kendala yang dihadapi, sehingga ada solusinya dan bisa ditetapkan skala prioritas, bagaimana praktek dan pengaplikasiannya.

BPKP akan memberi tugas kepada pengurus BUMDes agar betul-betul menerapkan apa yang didapat dari rakor ini, termasuk yang disampaikan BPKP berkaitan cara pengelola keuangan, dan pengembangan BUMDes. Untuk itulah sangat penting bagi pengurus BUMDes untuk memahami apa yang telah disampaikan dalam rakor tersebut.

Pelaksanaan rakor akan ditindaklanjuti dengan kegiatan melihat langsung keberadaan BUMDes di desa secara realitas, baik kendala hingga potensi yang dimiliki untuk bisa dikembangkan BUMDes.

"Hasil tugas pengelolaan BUMDes tersebut akan disampaikan kepada BPKP, untuk mengetahui hasil laporan pengelolaan keuangannya," 

Hasil laporan pengelolaan keuangan dan pengembangannya, akan dapat diketahui berjalannya BUMDes di masing-masing desa. BUMDes setiap desa di Bartim diharapkan semakin maju dan mandiri sehingga bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa setempat.

Baca juga: Seorang napi Rutan Tamiang Layang meninggal dunia