Bupati: ASN di Seruyan harus jadi panutan dalam penyampaian SPT

id Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir ,Kabupaten Seruyan, Seruyan,Kalteng,SPT Tahunan,ASN di Seruyan harus jadi panutan dalam penyampaian SPT

Bupati: ASN di Seruyan harus jadi panutan dalam penyampaian SPT

Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, (11/3/2021).ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

KUALA PEMBUANG, Seruyan (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten setempat, agar menjadi panutan masyarakat dalam melakukan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahunan tepat pada waktunya.

Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki penghasilan pribadi dan masuk dalam kriteria Penghasilan Kena Wajib harus melaporkan SPT ke Direktorat Jenderal Pajak, kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Senin.

"Jadi, saya harap agar para ASN wajib melaporkan SPT Tahunan masing-masing tepat waktu, sehingga hal ini bisa menjadi contoh nyata bagi masyarakat maupun badan usaha di Seruyan," ucapnya.

Menurut dia, SPT merupakan pelaporan penghitungan atau pembayaran pajak, obyek pajak dan bukan obyek pajak, serta harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Yulhaidir mengatakan fungsi dari pelaporan SPT Tahunan adalah untuk melaporkan penghitungan atau pembayaran pajak, jika besar pendapatan masuk dalam hitungan Pendapatan Kena Pajak (PKP).

"Sebagai ASN, sudah seharusnya menjadi panutan masyarakat dalam menyampaikan laporan SPT sebagai pertanggungjawaban. Jadi, masyarakat bisa mengikuti dan tepat waktu dalam pelaporannya, karena seperti yang kita ketahui juga apabila terlambat akan ada sanksi yakni denda," beber dia.

Baca juga: Ingin kades berkualitas, Desa Pembuang Hulu gelar debat publik

Kemudian, lanjut Bupati Seruyan itu, dalam penyampaian SPT tahunan saat ini semakin mudah, sehingga para ASN tidak perlu menunggu waktu yang singkat pada batas akhir pelaporan SPT tahunan, karena sudah bisa melaporkan melalui daring atau online.

"Sekarang sudah lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi  yang telah berkembang saat ini seperti halnya e -filing, sehingga penyampaian SPT Tahunan sekarang lebih mudah, cepat dan nyaman," kata Yulhaidir. 

Orang nomor satu di Seruyan itu menambahkan bahwa peran dan kontribusi pajak yang dibayarkan oleh masyarakat sangat besar, dalam menunjang pelaksanaan pembangunan di kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

Baca juga: DPRD Seruyan minta pemkab tingkatkan SDM nelayan

Baca juga: Kunjungan perwakilan daerah lain ke Lamandau beri ragam manfaat

Baca juga: DPRD Seruyan ajak masyarakat mendukung program pembangunan