Pelaku UMKM Kotim semakin bersemangat didukung pemkab

id Pelaku UMKM Kotim semakin bersemangat didukung pemkab, Kalteng, kotim, Sampit, Kotawaringin Timur

Pelaku UMKM Kotim semakin bersemangat didukung pemkab

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor saat menerima kedatangan Ketua UMKM Harati Berkah, Rahmat Noor dan anggotanya, Selasa (16/3/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, semakin bersemangat mengembangkan usaha karena didukung pemerintah kabupaten setempat.

"Saat silaturahmi tadi, Bupati Halikinnor menegaskan mendukung penuh UMKM di Kotawaringin Timur untuk naik kelas. Beliau juga mengapresiasi pelaku UMKM yang tetap semangat berinovasi dan konsisten meski di tengah pandemi COVID-19 saat ini," kata Ketua UMKM Harati Berkah, Rahmat Noor di Sampit, Selasa.

Menurut Rahmat, bupati mendorong sinergitas antara pelaku UMKM dengan pemerintah daerah ditingkatkan agar sama-sama bisa memperjuangkan peningkatan sektor UMKM.

Saat ini pelaku UMKM tetap bersemangat dan mencoba kembali bangkit setelah ikut terdampak lesunya ekonomi akibat pandemi COVID-19. Berbagai cara dilakukan oleh pelaku UMKM untuk tetap bertahan, di antaranya dengan mengandalkan pemasaran secara online dan mengantar pesanan ke rumah pembeli agar mereka tidak perlu ke luar rumah.

Untuk terus meningkatkan geliat sektor UMKM, pelaku usaha disarankan bersinergi dengan satuan organisasi perangkat daerah seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Dua pihak ini dinilai bisa saling mendukung karena produk UMKM bisa melengkapi sektor pariwisata yakni dengan menyediakan suvenir sebagai oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung ke daerah ini.

Promosi pariwisata juga bisa sekaligus melibatkan sektor UMKM sehingga bisa memberikan manfaat besar. Kedua sektor ini akan sejalan dan membawa tujuan yang sama yakni meningkatkan ekonomi masyarakat dan daerah.

Rahmat menyatakan pihaknya menyambut positif dukungan tersebut. Dia yakin dengan dukungan pemerintah daerah maka sektor UMKM di Kotawaringin Timur akan semakin berkembang dan membawa dampak positif terhadap upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Saat ini pihaknya berupaya memperluas akses pemasaran dengan masuk ke ritel-ritel dan perhotelan. Dia bersyukur karena upaya "naik kelas" ini disambut positif hotel bintang empat di Sampit yang bersedia menyiapkan tempat bagi pelaku UMKM memajang produk di lobi hotel tersebut.

Baca juga: Legislator Kotim sayangkan akses internet belum diprioritaskan

Pria yang akrab disapa Rahmat Kotim ini juga berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah selama ini, diantaranya dengan memfasilitasi Bazar UMKM Jelawat dan Kotim Fair belum lama ini, yang disambut positif pelaku UMKM dan masyarakat.

"Permintaan kami kepada bupati agar bazar UMKM digelar rutin setiap tiga bulan untuk membantu promosi produk lokal UMKM dan kolaborasi pelaku UMKM dengan Dinas Pariwisata supaya sektor UMKM naik kelas serta pariwisata Kotim kita juga semakin dikenal," ujar Rahmat.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menyatakan komitmen pemerintah daerah berupaya maksimal mendukung kembali bangkitnya sektor UMKM. Dia yakin sektor ini kembali bangkit dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

"Hal terpenting adalah bahwa protokol kesehatan tetap harus diutamakan dan dijalankan karena hingga saat ini pandemi COVID-19 masih terjadi. Kita bersama-sama mendukung sektor UMKM agar kembali maju sehingga ekonomi masyarakat juga kembali meningkat," demikian Halikinnor.

Baca juga: Pencuri bersenjata api minta izin saat satroni gedung sarang walet