Angka kematian COVID-19 Bartim capai 13 orang

id Rsud tamiang layang, dr vinny safari, kematian covid 19 bartim, covid 19, bartim, ampah, tamiang layang, kalteng, kalimantan tengah

Angka kematian COVID-19 Bartim capai 13 orang

Wakil Ketua Bidang Penanganan Kesehatan dr Vinny Safari. (ANTARA/Ho-RSUD Tamiang Layang)

Tamiang Layang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melaporkan adanya penambahan satu orang warga setempat yang meninggal akibat COVID-19.

“Meninggal, perempuan berinisial R dari Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau. Meninggal di RSUD Tamiang Layang, Rabu (31/3),” kata Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Bartim dr Jimmi WS Hutagalung, melalui Wakil Ketua Bidang Penanganan Kesehatan dr Vinny Safari di Tamiang Layang, Senin.

Ia menjelaskan, saat itu R dimakamkan di Talohen, Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah sebagai pasien dengan status suspek COVID-19. Kematian R dicatat dan dimasukkan dalam data Satgas COVID-19 Bartim setelah hasil tes usap dengan metode PCR dikeluarkan secara resmi dengan status konfirmasi positif COVID-19.

Bertambahnya angka kematian akibat COVID-19 maka Bartim berada pada urutan 10 tingkat Kalteng dengan angka kematian COVID-19 sebanyak 13 orang.

Selanjutnya dari data satgas tercatat adanya penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 12 orang, dengan keterangan 11 orang masuk dalam kategori perawatan dan satu orang meninggal.

Bartim saat ini berada pada urutan keenam jika dilihat dari kumulatif warga terkonfirmasi COVID-19 dengan mencapai 973 orang dan angka kesembuhan mencapai 821 orang atau 84,37 persen.

Penanganan COVID-19 Bartim terus diupayakan dengan maksimal melalui tes, tracking (pelacakan) dan treatment (perawatan). Saat ini terdapat 139 pasien COVID-19 berstatus dalam perawatan. Sebanyak 54 pasien COVID-19 yang mendapatkan perawatan isolasi dan 85 orang menjalani rawat jalan atau isolasi mandiri.

Ada 23 pasien yang harus menjalani perawatan secara intensif di ruang isolasi A pada RSUD Tamiang Layang, karena kategorinya sebagai pasien darurat.

Selain itu terdapat 17 pasien COVID-19 yang memiliki penyakit bawaan menjalani perawatan pada Ruang Perawatan Isolasi B atau eks Kantor Dinkes Bartim.

Sebanyak 24 pasien COVID-19 tanpa gejala mendapatkan perawatan pada Ruang Perawatan Isolasi C atau di Rumah Susun Sewa Sederhana di Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur.

“RSUD Tamiang Layang berupaya maksimal dalam perawatan (treatment) terhadap pasien COVID-19 hingga bisa negatif COVID-19,” terang dr Vinny.

Data terbaru COVID-19 Bartim pada Senin (5/4) hingga pukul 12.00 WIB menyebutkan kasus konfirmasi sebanyak 973 orang, dalam perawatan 139 orang, sembuh 821 orang, meninggal 13 orang, probable nihil dan suspek 12 orang.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar