Sekda Kalteng minta ketersediaan bahan pokok dipastikan jelang Ramadhan

id Harga bahan pokok, ketersediaan bapok jelang ramadhan, sekda kalteng, fahrizal fitri, kelangkaan bapok, kalteng, kalimantan tengah

Sekda Kalteng minta ketersediaan bahan pokok dipastikan jelang Ramadhan

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri dalam rapat koordinasi stabilisasi harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Palangka Raya, Rabu, (7/4/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri meminta perangkat daerah terkait baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan.

"Dinas maupun instansi terkait mengantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan terhadap ketersediaan bahan pokok," katanya mewakili Gubernur Sugianto Sabran di Palangka Raya, Rabu.

Hal itu ia sampaikan saat rapat koordinasi stabilisasi harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dijelaskannya apabila tidak diantisipasi dan terjadi kelangkaan, maka akan berdampak pada terjadinya kenaikan harga. Kondisi tersebut perlu disikapi sejak dini, mengingat kenaikan harga sangat berdampak kepada daya beli masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu akan semakin tertekan.

"Masyarakat kurang mampu akan semakin tertekan terlebih di masa pandemi COVID-19," jelasnya.

Diketahui bersama peningkatan permintaan terhadap sejumlah komoditas bahan pokok selalu terjadi dan mengiringi datangnya hari-hari besar keagamaan, termasuk salah satunya bulan suci Ramadhan.

Fahrizal menuturkan, kondisi ini selalu terjadi dan terus berulang di setiap tahunnya, apalagi variasi makanan yang dikonsumsi masyarakat kian beragam seiring berjalannya waktu.

"Koordinasi antar lini harus diperkuat untuk menjaga kecukupan ketersediaan bahan pokok, serta memerhatikan sejumlah hal yang berkaitan," terangnya.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya keamanan dan kelancaran arus distribusi barang di tengah pandemi COVID-19, mengingat sebagian besar bahan pokok Kalteng disuplai dari luar daerah.

"Pelaku usaha juga kami minta apabila menemui hambatan dalam arus distribusi, agar segera memberitahukan dan berkoordinasi dengan pemerintah," terangnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty diwakili Kabid Perlindungan Konsumen Kamper Thomas menyampaikan, rakor ini digelar untuk menguatkan koordinasi dalam upaya menjaga kestabilan harga maupun ketersediaan bahan pokok.

Selanjutnya memantau kesiapan daerah dalam upaya menjaga kelancaran arus distribusi sehingga ketersediaan bahan pokok dapat terjaga maupun terpenuhi dengan baik.