Lansia di Gumas dukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19

id gunung mas,gumas,Lansia di Gumas dukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Lansia di Gumas dukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Hermin Ganti, lansia warga Kecamatan Kurun saat menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Senin (19/4/2021). (ANTARA/HO – Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Sejumlah orang lanjut usia (lansia) warga Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Hermin Ganti (65) saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin mengatakan bahwa dirinya baru saja menjalani vaksinasi COVID-19 di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

“Setelah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama, saya merasa sehat dan baik-baik saja, belum ada merasakan adanya efek samping. Bahkan saya sudah beraktivitas seperti biasa,” ucap Hermin Ganti.

Sebelum menjalani vaksinasi COVID-19, dirinya menjalani sejumlah tahapan, termasuk menjawab berbagai pertanyaan dari tenaga kesehatan. Setelah menjalani berbagai tahapan, dia dinyatakan bisa mengikuti vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Ketua PPNI Gumas sesalkan kekerasan terhadap perawat RS Siloam Sriwijaya Palembang

Menurut dia, melihat berbagai tahapan yang harus dilalui oleh lansia sebelum dinyatakan boleh disuntik vaksin COVID-19, maka seharusnya lansia tidak perlu takut menjalani vaksinasi COVID-19.

“Saya ajak teman-teman lansia lainnya untuk tidak ragu menjalani vaksinasi COVID-19, karena manfaatnya juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Hermin Ganti yang merupakan Ketua Mantir Adat Kelurahan Kuala Kurun.

Lansia lainnya,  Suriati A Junas (64) juga telah menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, dan hingga saat ini dia merasa baik-baik  saja dan tidak merasakan adanya efek samping.

Suriati A Junas yang merupakan warga Kelurahan Tampang Tumbang Anjir menyambut baik vaksinasi COVID-19 kepada kelompok lansia dan menyatakan akan selalu mendukung setiap program pemerintah.

Baca juga: Ujian sekolah SMP di Gumas terapkan prokes secara ketat

Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Nevie Ervina mengatakan bahwa pihaknya menargetkan ada 150 orang lansia yang menjalani vaksinasi COVID-19, mulai 19 – 20 April 2021 mendatang.

Untuk pendaftaran, sambung dia, salah satunya dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 0812 5392 3998, 0852 5135 5444, atau 0813 5189 0268. Saat ke puskesmas, lansia diminta membawa kartu tanda penduduk (KTP).

Senada, Kepala Puskesmas Kurun Vera Krista mengatakan pihaknya juga menargetkan 150 orang lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di puskesmas tersebut, mulai 19 – 20 April 2021 mendatang.

“Bagi yang ingin mendaftar dapat melalui WhatsApp di nomor 0813 5196 0809 atau 0822 9806 0229. Bagi lansia yang sudah disuntik vaksin COVID-19 kami minta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” demikian Vera.

Baca juga: Ujian tiga SMA di Gumas masih berbasis kertas pensil

Baca juga: Legislator Gumas: Standar prokes harus dipenuhi saat ujian sekolah

Baca juga: SMP di Gumas laksanakan ujian sekolah secara tatap muka