Ketua DPRD Bartim sumbang ambulans untuk desa

id Ketua DPRD Bartim sumbang ambulans untuk desa, Kalteng, Bartim, Barito timur

Ketua DPRD Bartim sumbang ambulans untuk desa

Ketua DPRD Bartim Nur Sulistio menyerahkan kunci kontak mobil ambulans di Aula Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Senin (19/4/2021) kemarin. ANTARA/HO-Agustinus

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah, Nur Sulistio menyumbang satu unit mobil ambulans untuk digunakan masyarakat empat desa di Kecamatan Raren Batuah.

“Bantuan mobil ambulans ini untuk masyarakat kurang mampu yang terkena musibah dan memerlukan ambulans,” kata Nur Sulistio di Tamiang Layang, Selasa.

Ambulans yang merupakan bantuan secara pribadi Nur Sulistio itu akan dimanfaatkan warga empat desa yaitu Batuah, Tangkum, Sibung dan Malintut yang nantinya bisa dikelola secara bersama-sama untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Menurutnya, bantuan ambulans tersebut sebagai salah satu bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Ambulans itu diharapkan bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan.

Pemberian ambulans dilatarbelakangi jauhnya jarak tempuh warga Desa Sibung, Malintut, Batuah dan Tangkum untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ke Puskesmas Ampah, Kecamatan Dusun Tengah ataupun ke RSUD Tamiang Layang.

Jarak yang harus ditempuh warga ke Puskesmas Ampah mencapai 32,5 kilometer, sedangkan jarak ke RSUD Tamiang Layang sejauh 78 kilometer.

“Harapannya, ambulans ini juga dapat memudahkan warga yang sakit saat akan dirujuk ke puskesmas atau RSUD Tamiang Layang,” kata Nur Sulistio.

Sumbangan tersebut diharapkan tidak dinilai dari besar-kecil nilainya. Namun bisa dilihat dari ketulusan dan sebagai bentuk pengabdian sebagai wakil rakyat kepada masyarakat.

Baca juga: Sebagian besar pasien COVID-19 RSUD Tamiang Layang sudah bergejala berat

“Di manapun ambulans ditempatkan atau siapapun yang mengelolanya, tolong jangan dipermasalahkan, tapi harus dipergunakan seluas-luasnya untuk masyarakat,” kata politisi Partai Golongan Karya itu.

Ambulans diserahkan Nur Sulistio didampingi Ketua DPD Partai Golkar Bartim Supriatna di Desa Sibung Kecamatan Raren BAtuah, Senin (19/4) siang. Penyerahan juga disaksikan Camat Raren Batuah, Amrullah serta Bhabinkamtibmas, perwakilan pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Kepala Desa Sibung Reholelu sangat mengapresiasi pemberian mobil ambulans secara pribadi Ketua DPRD Bartim Nur Sulistio. Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Menurutnya, warga yang membutuhkan bisa memanfaatkan ambulans tersebut sesuai keperluannya seperti untuk mengantar warga yang tidak mampu untuk berobat ke puskesmas maupun ke rumah sakit.

“Mewakili warga Desa Sibung, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan ini,” demikian Rehilelu.

Baca juga: Bupati Bartim berkoordinasi ke Gubernur terkait syarat masuk Kalteng