RSUD dan Satgas Penanganan COVID-19 Pulang Pisau dapat bantuan APD

id RSUD dan Satgas Penanganan COVID-19 Pulang Pisau dapat bantuan APD, Kalteng, pulang pisau

RSUD dan Satgas Penanganan COVID-19 Pulang Pisau dapat bantuan APD

Pegawai RSUD Pulang Pisau menerima bantuan perlengkapan alat perlindungan diri dari pihak swasta, Selasa (20/4/2021). ANTARA/Adi Waskito 

Pulang Pisau (ANTARA) - RSUD Pulang Pisau dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah mendapat bantuan pihak swasta berupa alat pelindung diri atau APD dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19.

"APD sebagai perlengkapan pendukung memang sangat dibutuhkan oleh pihak RSUD Pulang Pisau dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari dalam penanganan pasien yang terkonfirmasi COVID-19 agar bisa berjalan dengan efektif dan lebih maksimal," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo di Pulanv Pisau, Kamis.

Bantuan diserahkan langsung perwakilan perusahaan ke RSUD Pulang Pisau dan Posko Satgas Penanganan COVID-19 Pulang Pisau setempat. Bantuan ini disambut gembira karena memang sangat dibutuhkan.

Bantuan APD yang diserahkan kepada kedua garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 setempat adalah 100 box masker medis, masker KN 96 sebanyak 200 box, hand sanitizer sebanyak 35 liter, cairan disinfektan 280 liter, sprayer tiga buah, vitamin 60 box, pakaian medis sebanyak 21 buah, antigen tiga box, dan hanskun sebanyak 60 box. 

RSUD dan Satgas Penanganan COVID-19 merupakan garda dan barisan terdepan dalam penanganan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga semua petugas yang bekerja di lapangan perlu dilengkapi dengan APD yang memadai. 

RSUD Pulang Pisau sangat membutuhkan barang-barang kesehatan tersebut karena setiap hari mereka melayani pasien COVID-19. Mereka sangat berisiko tinggi sehingga membutuhkan alat pelindung diri sesuai aturan agar tidak sampai terjangkit.

Begitu pula Satgas Penanganan COVID-19 juga berisiko terjangkit COVID-19 saat menjalankan tugas, seperti saat melakukan evakuasi warga terkonfirmasi positif COVID-19 maupun saat bertemu banyak orang untuk melacak penularan COVID-19 dari pasien yang sudah dinyatakan positif terpapar.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Polres Pulpis bagikan ratusan takjil

Manajer Administrasi PT PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau Rinda Primawarto mengungkapkan bantuan yang mereka berikan tersebut dalam upaya menciptakan sinergi dalam upaya penanganan dan pencegahan COVID-19.

“Kami selalu berkomitmen untuk bersinergi dengan Satgas Penanganan COVID-19 dalam hal pencegahan dan penanganan COVID-19. Beberapa kali kita telah menyalurkan bantuan APD serta perlengkapan pendukung lainnya,” kata Rinda.

Rinda mengatakan bahwa bantuan APD dari program dari Coorporate Social Responsibility (CSR) ini, merupakan sebagai bentuk komitmen kepedulian PT PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau dalam penanganan COVID-19 di kabupaten setempat. 

Angka peningkatan pasien positif COVID-19 dalam satu bulan terakhir cukup tinggi sehingga harus menjadi perhatian bersama khusus dalam hal pencegahan dan penanganannya. 

Menurutnya, untuk kesekian kali pihaknya memberikan bantuan untuk mendukung terlaksananya berbagai upaya yang dilakukan Satgas Penangan COVID-19 kepada masyarakat setempat. 

Baca juga: Dinas PUPR Pulang Pisau ubah pola pengaspalan jalan