Legislator Kalteng minta pemda sediakan sarana pengolahan air bersih

id Legislator Kalimantan Tengah ,Yeni Maria Marselina Kahta,Anggota DPRD Kalteng ,DPRD Kalteng ,DPRD Kalimantan Tengah,Kalimantan Tengah,Kalteng,air bers

Legislator Kalteng minta pemda sediakan sarana pengolahan air bersih

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Yeni Maria Marselina Kahta. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Yeni Maria Marselina Kahta mengaku ada menerima aspirasi dari masyarakat Desa Biru Maju, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, terkait perlu ada bantuan sarana dan prasarana pengolahan air bersih dari pemerintah daerah.

"Informasi dari masyarakat setempat, sumber air bersih sangat dekat dengan pemukiman, tapi karena tidak ada sarana dan prasarana untuk mengolahnya, jadinya belum termanfaatkan secara optimal," kata Yeni di Palangka Raya, Rabu.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan itu pun meminta pemerintah provinsi ataupun kabupaten, menyediakan sarana dan prasarana pengolahan air bersih tersebut. Dengan begitu, masyarakat di Desa Biru Maju tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Anggota DPRD Kalteng itu mengatakan dana desa di Desa Biru Maju untuk sementara ini belum dapat dipergunakan dalam menyediakan sarana dan prasarana pengolahan air bersih. Sebab, sebagian besar dana desa diarahkan untuk membangun jembatan yang sangat penting dalam mendukung perekonomian masyarakat.

"Di Desa Biru Maju itu ada dua jembatan yang sering digunakan masyarakat setempat untuk mengangkut hasil panen kelapa sawit ke penjual. Salah satu jembatan tersebut mengalami abrasi, sehingga dana desa digunakan untuk membangun jembatan tersebut," beber Yeni.

Baca juga: DPRD Kalteng ikut salurkan bantuan sembako ke panti asuhan

Dirinya mengaku salut dengan masyarakat dan perangkat desa di Desa Biru Maju yang berupaya menggunakan secara optimal dana desa, serta tidak terlalu banyak meminta kepada pemerintah kabupaten ataupun provinsi. Tapi, karena kondisi dua tahun terakhir ini dana desa banyak diarahkan untuk menangani dan menanggulangi COVID-19, serta memperbaiki jembatan, dengan terpaksa meminta bantuan dari pemerintah kabupaten ataupun provinsi terkait penyediaan alat pengolahan air bersih tersebut. 

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kalteng itu pun berharap pemerintah daerah bisa segera menindaklanjuti aspirasi Desa Biru Maju, sehingga sumber air bersih yang ada bisa dimanfaatkan dan memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih.

"Air bersih ini kan sangat penting ya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, dan air bersih ini kan bisa mencegah berbagai macam penyakit. Jadi ini sangat penting untuk segera direalisasikan," demikian Yeni.

Baca juga: Jalan Buntok-Kalahien rusak, Legislator Kalteng minta segera ditangani

Baca juga: Wakil Ketua II DPRD Kalteng kunker di Barito Utara

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar