Jelang Lebaran rumah ibadah di Lamandau disterilisasi

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau hendra lesmana, sterilisasi rumah ibadah, penyemprotan desinfektan, lebaran, hari raya idul fi

Jelang Lebaran rumah ibadah di Lamandau disterilisasi

Sterilisasi rumah ibadah sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, di Nanga Bulik, Selasa (11/5/2021). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Menjelang Lebaran tahun 2021 Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, melakukan sterilisasi rumah ibadah, khususnya masjid dengan penyemprotan desinfektan.

"Hal ini sebagai upaya mencegah penularan COVID-19," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana  di Nanga Bulik, Rabu.

Selain itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, khususnya bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah.

Meskipun demikian, ditegaskannya, kegiatan sterilisasi rumah ibadah maupun tempat umum lainnya dengan penyemprotan desinfektan merupakan kegiatan rutin sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami harapkan masyarakat turut serta berpartisipasi dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya," ungkapnya.

Selain itu menjaga kondisi tubuh agar senantiasa prima dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, serta rutin berolahraga.

Hingga saat ini diketahui vaksinasi COVID-19 terus dilaksanakan menyasar target sesuai tahapan yang ditentukan. Selain diminta mendukung program vaksinasi, masyarakat juga diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Diharapkan melalui penerapan prokes ketat dan upaya lainnya yang terus digencarkan tersebut,  COVID-19 bisa ditekan secara maksimal dan pandemi bisa segera diakhiri.