Kapolda Kalteng ikuti Harlah Pancasila bersama presiden secara virtual

id Kapolda Kalimantan Tengah, Dedi Prasetyo, Kalimantan Tengah, Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Harlah Pancasila, hari

Kapolda Kalteng ikuti Harlah Pancasila bersama presiden secara virtual

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (kanan) dan Wagub Kalteng Edy Pratowo mengikuti Hari Lahir Pancasila bersama Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan secara virtual di Aula Jayang Tingang Komplek Perkantoran Gubernur Kalteng, Selasa (1/6/2021). ANTARA/Ho-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Polisi Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo turut mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo secara virtual, Selasa.

Peringatan Harlah Pancasila tahun ini harus menjadi momentum memperkuat Pancasila dalam tindakan sekaligus bersatu demi Indonesia tangguh, kata Dedi di Palangka Raya.

"Bersatu demi Indonesia tangguh dengan semangat gotong-royong dan solidaritas sosial masyarakat, untuk bersama-sama membangun daerah," tambahnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, Pancasila sebagai dasar atau ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, kerana menjadikan Bangsa Indonesia rukun, damai dan sejahtera.

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," kata Dedi.

Sebelum mengikuti kegiatan Harlah Pancasila secara virtual, Kapolda Kalteng sempat memimpin jalannya upacara Harlah Pancasila yang dilaksanakan di halaman Barigas Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya.

Upacara peringatan Harlah Pancasila di Polda Kalteng itu, diisi dengan pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, pembacaan teks Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta diakhiri dengan pembacaan doa.

Baca juga: Polda Kalteng aktif bantu percepatan vaksinasi COVID-19

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng yang menghadiri upacara tersebut di Aula Jayang Tingang Komplek Perkantoran Gubernur Kalteng juga dihadiri Kapolda Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Kajati, Danrem 102/Pjg Kabinda provinsi setempat serta unsur Forkopimda lainnya.

Sementara itu, dalam sambutan Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa peringatan Harlah Pancasila pada tahun ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Namun demikian, semua patut bersyukur karena Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi seluruh tantangan.

Selain bersyukur Pancasila juga menggerakkan kepedulian bersama untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan gotong royong, serta menumbuhkan daya juang bangsa guna menghadapi kesulitan yang kita hadapi seperti sekarang ini," kata Jokowi.

Baca juga: Optimalkan publikasi, Polda Kalteng jalin kerja sama ke ANTARA

Baca juga: Ditlantas Polda Kalteng: Sistem tilang elektronik siap difungsikan