DPRD berharap masyarakat manfaatkan sejumlah peluang usaha di Seruyan

id Wakil KetuaII DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Seruyan, Kalteng

DPRD berharap masyarakat manfaatkan sejumlah peluang usaha di Seruyan

Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang, (9/9/2020). ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin mendorong sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, bisa jeli dalam melihat segala jenis peluang usaha yang ada, agar berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi.

"Masih banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan khususnya dalam bidang wirausaha maupun bidang lainnya di kabupaten ini," kata Aswin di Kuala Pembuang, Selasa. 

Menurut dia, salah satu peluang usaha besar untuk mengembangkan bisnis yakni beroperasionalnya Pelabuhan Teluk Segintung secara optimal di masa yang akan datang. Sebab, jika pelabuhan tersebut sudah beroperasi, otomatis akan membuka banyak sekali lapangan pekerjaan, bukan hanya sebatas sebagai karyawan atau teknisi saja.

Namun, hal tersebut juga membuka kesempatan untuk membuka bisnis seperti toko, warung makan, penginapan dan lain sebagainya, dengan begitu roda perekonomian di Seruyan akan semakin meningkat. Maka dari itu, yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah bersiap dan merancang rencana usaha dengan matang agar nantinya bisa berhasil.

"Itu otomatis saja, kalau sudah operasional, tentu akan ada banyak pihak yang akan lalu lalang melintas di areal tersebut dan momen itu juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha seperti warung makan, warung kopi maupun yang lainnya. Jangan sampai nanti malah keduluan orang luar daerah," kata Aswin.

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Ketua DPRD Seruyan sampaikan pesan tentang toleransi

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan bahwa untuk masyarakat juga jangan sampai terburu-buru untuk menjual tanah di daerah tersebut karena  peluang usaha di tempat itu sangat menjanjikan sekali untuk dikembangkan.

"Kalau kita punya lahan akan lebih mudah dalam mengelola itu, tapi kalau kita jual pastinya kita hanya jadi penonton saja," demikian Aswin.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan: Maksimalkan peran BUMDes pada sektor pertanian

Baca juga: DPRD dorong pengembangan komoditas selain padi di Seruyan