Kedapatan baju balap terbuka, Quartararo kena penalti ganda

id fabio quartararo,baju terbuka,motogp,penalti

Kedapatan baju balap terbuka, Quartararo kena penalti ganda

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo di depan pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir ketika menjalani Grand Prix Catalunya, Sirkuit Barcelona-Catalunya. (6/6/2021) (ANTARA/AFP/Lluis Gene)

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo diganjar penalti tambahan waktu tiga detik karena kedapatan membalap dengan baju balap yang terbuka dan tanpa pelindung dada di Grand Prix Catalunya, Minggu.

Sang pebalap tim Monster Energy Yamaha melintasi garis finis di peringkat tiga namun karena memotong lintasan di Tikungan 1 dan 2 di pengujung lomba, maka ia mendapat penalti tiga detik yang pertama sehingga posisi finisnya turun ke P4.

Baca juga: Oliveira buat kejutan, juarai GP Catalunya

Rekaman menunjukkan Quartararo membuka ritsleting baju balapnya dan membuang pelindung dada setelah disalip Zarco di tiga lap terakhir.
 
Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo.(motogp)

Dengan tambahan penalti karena melanggar aspek keselamatan dengan baju balapnya, maka posisi finis Quartararo harus turun lagi ke P6, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Pebalap Tim Indonesian Racing sembahkan podium di Catalunya

Meski demikian, sang pebalap Prancis masih menghuni puncak klasemen sementara dengan koleksi 115 poin, unggul 14 poin dari kompatriotnya, Johann Zarco dari tim Pramac Racing yang finis runner-up di Catalunya, yang dimenangi oleh Miguel Oliveira dari tim KTM.

Pebalap Ducati Jack Miller naik ke peringkat tiga dengan 90 poin setelah finis P3, menggeser rekan satu timnya, Francesco Bagnaia ke peringkat empat dengan selisih dua poin setelah tujuh balapan.

Baca juga: Quartararo raih pole position kelima kalinya secara beruntun

Baca juga: Quartararo patahkan dominasi Ducati di Italia