Legislator Seruyan dorong sarpras puskesmas terus ditingkatkan

id Dprd seruyan, rudi hartono, kuala pembuang, puskesmas, pelayanan kesehatan, seruyan, kalteng, kalimantan tengah

Legislator Seruyan dorong sarpras puskesmas terus ditingkatkan

Legislator Seruyan Rudi Hartono. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Seruyan, Kalimantan Tengah Rudi Hartono meminta pemerintah kabupaten agar terus meningkatkan sarana prasarana maupun peralatan kesehatan yang ada pada puskesmas.

“Khusus untuk puskesmas di daerah pedalaman agar sarprasnya bisa dilengkapi, karena kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sangat penting,” kata Rudi di Kuala Pembuang, Sabtu.

Fasilitas pendukung puskesmas yang memadai akan berdampak baik pada pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat, karena petugas dapat maksimal memberikan pelayanan.

"Kalau petugasnya sudah bekerja sungguh-sungguh tapi fasilitasnya masih kurang, tentu pelayanan tidak akan maksimal,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan agar instansi terkait secara rutin mengevaluasi dan mendata perkembangan puskesmas di Seruyan, sehingga apa saja yang menjadi kebutuhan utama bisa segera diusulkan dan menjadi prioritas untuk dipenuhi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu juga mengingatkan, fasilitas pendukung dalam penerapan protokol kesehatan pada puskesmas maupun pustu juga harus dilengkapi, seperti tempat mencuci tangan dan lainnya. 

“Jangan sampai prokesnya hanya sebatas penerapan masker saja, yang lain juga harus dipenuhi,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menyarankan instansi terkait mengevaluasi kembali penerapan prokes yang ada di masyarakat. Berdasarkan apa yang pihaknya lihat di lapangan, tampaknya masih ada beberapa aktivitas warga minim penerapan prokes.

Dirinya berharap agar hal-hal berkaitan dengan prokes bisa terus ditingkatkan demi menumbuhkan kesadaran masyarakat, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19.

Kemudian yang juga tidak kalah penting adalah kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas juga harus terus ditingkatkan. Terlebih pelayanan kesehatan terdekat bagi masyarakat daerah pelosok adalah puskesmas.

“Masyarakat daerah pelosok ini biasanya berobat di puskesmas karena memang lokasinya dekat dibanding dengan rumah sakit. Maka pelayanan kepada masyarakat juga harus ditingkatkan,” demikian Rudi.