Kaukus Perempuan Parlemen Gumas akan kenalkan politik ke generasi muda

id gunung mas,Kaukus Perempuan Parlemen Gumas ,Kaukus Perempuan Parlemen Gumas akan kenalkan politik ke generasi muda ,berita kalteng

Kaukus Perempuan Parlemen Gumas akan kenalkan politik ke generasi muda

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kalteng Andina Theresia Narang (kanan) menyerahkan SK dan berita acara pelantikan kepada Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Gumas Nomi Aprilia, usai pelantikan di Kuala Kurun, Selasa (29/6/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Nomi Aprilia mengatakan bahwa pihaknya akan mengenalkan politik kepada generasi muda perempuan di kabupaten itu.

“Kaukus Perempuan Parlemen dapat menjadi jalan masuk bagi generasi muda perempuan Kabupaten Gumas untuk terjun dalam politik ke depannya,” ucap Nomi usai dilantik menjadi Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Gumas 2021-2024, di Kuala Kurun, Selasa.

Dengan demikian, tutur dia, diharap generasi muda perempuan menjadi akrab dengan dunia politik, tanpa ada kekhawatiran aspirasi mereka tidak didengar dan tanpa harus takut untuk menyuarakan hati nuraninya.

Menurut dia, generasi muda perempuan wajib dituntun, didorong dan disemangati, karena mereka yang akan meneruskan perjuangan selanjutnya, demi memajukan kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Baca juga: Ketua Kwarcab Pramuka Gumas minta Kwarran tentukan prioritas kegiatan

Selain itu, para pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Gumas juga akan segera bekerja, sesuai dengan bidang masing-masing, menjalin sinergi dan menyelaraskan dengan pemerintah kabupaten dalam hal ini perangkat daerah terkait.

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kalteng Andina Theresia Narang berharap pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik, sebagai penyambung dan penyalur aspirasi masyarakat.

Dia menyebut, dengan telah terbentuknya kepengurusan Kaukus Perempuan Parlemen Gumas diharap semakin memperkuat peran perempuan sebagai penyeimbang, dalam pengambilan keputusan di lembaga legislatif  yang pro gender.

Kaukus Perempuan Parlemen Gumas diminta membuat program, sesuai dengan peran fungsi sebagai anggota legislatif dalam pengarusutamaan gender, menyosialisasikan pendidikan politik bagi kaum muda, dan lebih mempertajam program serta sasaran prioritas dalam pembangunan yang pro gender.

Sebab, sambung dia, disadari saat ini semakin banyak kebutuhan masyarakat yang menjadi prioritas pembangunan, baik pendidikan, kesehatan dan perekonomian. Terlebih saat ini sedang terjadi pandemi COVID-19, yang mana kaum rentan yaitu ibu dan anak mengalami dampak yang sangat besar.

“Saya menitip harapan besar agar Kaukus Perempuan Parlemen Gumas bersama  pemerintah  dapat bersinergi dan berkolaborasi, untuk mewujudkan harapan masyarakat agar ke depan semakin sejahtera dan maju,” demikian Andina.

Adapun susunan pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Gumas, sebagai Wakil Ketua Hj Siti Hilmiah, Sekretaris Rayanatie Djangkan, Bendahara Elvi Esie, dan sejumlah divisi.

Baca juga: Pemkab Gumas susun landasan hukum tentang penyelenggaraan cadangan pangan

Baca juga: DPRD Gumas dorong puskesmas gencarkan vaksinasi ke lapangan

Baca juga: DPRD HSU kunjungi Gumas, studi banding terkait LHP