Ketua Kwarcab Pramuka Gumas minta Kwarran tentukan prioritas kegiatan

id Pramuka Gumas,Ketua Kwarcab Pramuka Gumas ,Ketua Kwarcab Pramuka Gumas minta Kwarran tentukan prioritas kegiatan,gunung mas,berita kalteng

Ketua Kwarcab Pramuka Gumas minta Kwarran tentukan prioritas kegiatan

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong (tengah) berfoto bersama usai pelantikan Majelis Pembimbing dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kurun, di aula kantor kecamatan setempat, Senin (21/6/2021). (ANTARA/HO-Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong meminta kepada Majelis Pembimbing dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-kabupaten setempat untuk menentukan langkah dan postur kegiatan untuk tiga tahun ke depan.

Majelis Pembimbing dan Kwarran Gerakan Pramuka se-Gumas diminta untuk menentukan sasaran yang diprioritaskan untuk pengembangan kegiatan kepramukaan di kecamatan masing-masing selama tiga tahun ke depan, kata Mimie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

“Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas sudah melaksanakan pelantikan Majelis Pembimbing dan Kwarran di seluruh Kwarran se-Gumas yang jumlahnya 12 kwarran, sesuai jumlah kecamatan yang ada di Gumas. Saya harap mereka segera menentukan skala prioritas untuk tiga tahun ke depan,” ucapnya.

Dia menyebut bahwa menentukan langkah, postur kegiatan, serta prioritas tidak hanya menjadi tanggung jawab Ketua Kwarran, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh pengurus Kwarran.

Baca juga: Bupati Gumas: Pramuka bentuk karakter generasi muda

Pengurus Kwarran sebagai suatu  tim mempunyai peran dan fungsi masing-masing. Kepengurusan akan solid jika terjalin komunikasi yang baik dan hubungan yang harmonis, sehingga akan berdampak pada sasaran yang ingin dicapai dalam program kerja.

Keberhasilan dan kemajuan Kwarran juga ditentukan oleh dukungan materiil, finansial dan organisatoris dari Majelis Pembimbing. Nantinya Ketua Kwarcab akan berusaha mendukung kegiatan Kwarran, dalam rangka membumikan kegiatan kepramukaan sebagai salah satu pilar pembentukan karakter generasi muda.

“Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu langkah strategis yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka, sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan dan juga untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka, di seluruh lapisan masyarakat,” paparnya.

Adapun program kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas untuk tahun 2021 ini diantaranya akan mengadakan kegiatan Pesta Siaga, Jambore Cabang yang diikuti  adik-adik Penggalang, kursus mahir dasar untuk pembina se-Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas.

Program kerja selanjutnya adalah pemberian Nomor Gugus Depan melalui usulan Kwarran, pembuatan Kartu Anggota Pramuka, serta akan memilih dan menganugerahkan Kwarran Tergiat tahun 2021.

“Kepada pengurus Kwarran dan Pengurus Majelis Pembimbing Ranting yang telah dilantik saya ucapkan selamat menjalankan tugas dan kewajiban. Mari kita bersama-sama memajukan Gerakan Pramuka di kabupaten yang kita cintai,” demikian Mimie.

Baca juga: Ketua Pramuka Gumas dorong pembentukan Mabiran dan Pengurus Kwarran Pramuka Sepang

Baca juga: Gerakan Pramuka Gumas kampanyekan penggunaan masker kain

Baca juga: Pramuka Gumas siap berperan dalam penanggulangan COVID-19