Bupati Gumas: Pramuka bentuk karakter generasi muda

id Bupati Gumas,gunung mas,Bupati Gumas: Pramuka bentuk karakter generasi muda,Jaya S Monong

Bupati Gumas: Pramuka bentuk karakter generasi muda

Ketua Mabicab Gumas Jaya S Monong melantik pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas masa bakti 2020-2025, di Kuala Kurun, Rabu (25/11/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan akan berusaha mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) setempat.

“Hal itu dalam rangka membumikan kegiatan kepramukaan, sebagai salah satu pilar pembentukan karakter generasi muda,” ucap Jaya usai melantik pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas masa bakti 2020-2025, di Kuala Kurun, Rabu.

Dia menyebut, kegiatan kepramukaan patut didukung bersama, sebagai wujud upaya antisipasi terhadap perkembangan zaman, khususnya dunia informasi dan iptek yang kian hari berkembang pesat, terutama dampak negatif dari perkembangan tersebut.

Baca juga: Dua Forum Keserasian Sosial terbentuk di Gunung Mas

Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu langkah strategis yang dilaksanakan oleh gerakan pramuka, sebagai sarana untuk lebih mengembangkan lembaga organisasi kepramukaan, dan juga untuk memasyarakatkan gerakan pramuka di seluruh lapisan masyarakat.

"Kami ingin jajaran gerakan pramuka Gumas terus menerus memelihara semangat pramuka yang ikhlas, rela berkorban, dan menolong sesama, mencintai lingkungan yang berlandaskan atas satya dan dharma pramuka," tuturnya.

Pramuka diharapkan menjadi perekat persatuan dan kesatuan, dalam menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme yang berkualitas, sehingga para anggota pramuka dapat meningkatkan peran dalam pembangunan bangsa sebagai perwujudan cita-cita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia.

Untuk itu, sambung dia, peran dan tugas pengurus kwarcab gerakan pramuka dan kwartir ranting se Gumas sangat strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan bagi kalangan generasi muda.

Baca juga: KPU Gunung Mas masih memerlukan tambahan surat suara

Adapun susunan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas masa bakti 2020-2025 sebagai Ketua adalah Mimie Mariatie, Sekretaris Rameina Widyastuty, Bendahara Epta Diana, dan beberapa Wakil Ketua Bidang serta Andalan Cabang.

Pada kesempatan ini Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas Mimie Mariatie juga melantik pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka se-Kwarcab setempat untuk masa bakti 2020-2023.

Disamping itu, ada juga penyerahan piagam penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Ketua Mabicab Jaya S Monong, Tanda Penghargaan Lencana Melati kepada Wakil Ketua Mabicab Efrensia L.P. Umbing, serta Lencana Pancawarsa I, II, dan IV kepada 23 anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Gumas.

Baca juga: Wamenhan RI tinjau lahan di wilayah Kalteng

Baca juga: Bapemperda DPRD Gumas terima saran dan masukan terkait dua raperda

Baca juga: Wabup dorong kaum perempuan di Gumas turut berperan dalam pembangunan

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar