Pramuka Gumas siap berperan dalam penanggulangan COVID-19

id Pramuna gumas, gunung mas, covid-19, virus corona,Pramuka Gumas siap berperan dalam penanggulangan COVID-19

Pramuka Gumas siap berperan dalam penanggulangan COVID-19

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong (kiri) menyerahkan bantuan sembako dari Pemkab setempat kepada lansia di Desa Petak Bahandang, Kamis (23/4/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong menyatakan pihaknya siap ambil bagian dalam upaya penanggulangan penyebaran virus corona (COVID-19) di kabupaten itu.
 
Saat ini, pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas juga telah menjadi tim sukarelawan Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 kabupaten setempat, kata Mimie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.
 
“Rencananya dalam waktu dekat Pramuka Kabupaten Gumas akan membagikan masker kepada masyarakat. Itu adalah salah satu wujud dukungan kami dalam mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini,” ucapnya.

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan beasiswa untuk ratusan mahasiswa
 
Pada Kamis (23/4) lalu, pihaknya mendukung Pemerintah Kabupaten Gumas dalam menyerahkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan lansia di Desa Petak Bahandang, Hurung Bunut, dan Teluk Nyatu di Kecamatan Kurun.
 
Selain itu, Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas juga turut membagikan masker dan leaflet terkait COVID-19 dari Tim Gugus Tugas COVID-19, kepada masyarakat umum di tiga desa tadi.
 
Lebih lanjut, dia juga mendorong pengurus kwartir ranting hingga gugus depan di Kabupaten Gumas agar turut menjadi tim relawan Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 di tingkat desa.

Baca juga: Satu warga Gumas positif COVID-19, gugus tugas segera lakukan tracking
 
Menurut dia, dukungan dari seluruh pihak, termasuk dari gerakan pramuka, sangat diperlukan guna mencegah penyebaran virus yang pertama kali muncul di negari tirai bambu China tersebut.
 
Secara khusus, Mimie juga mengajak kepada seluruh anggota Pramuka di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol COVID-19.
 
Diantaranya seperti belajar dan berdoa di rumah saja, tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak, menghindari kerumunan, menjaga jarak fisik antara satu dengan lainnya, dan selalu mengenakan masker saat beraktivitas.
 
“Selanjutnya sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, rajin berolah raga, istirahat yang cukup, dan lainnya,” demikian Mimie.

Baca juga: Gunung Mas siapkan hotel untuk petugas kesehatan COVID-19

Baca juga: PKK Gumas dorong pembentukan Dasa wisma di desa/kelurahan yang menjadi locus stunting

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta saling menjaga dengan tidak mudik