Antusias masyarakat Pulang Pisau tidak sebanding ketersediaan jumlah vaksin

id Antusias masyarakat Pulang Pisau tidak sebanding ketersediaan jumlah vaksin, Kalteng, pulang pisau

Antusias masyarakat Pulang Pisau tidak sebanding ketersediaan jumlah vaksin

Camat Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, Osa Maliki. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Camat Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Osa Maliki mengungkapkan antusias masyarakat di kecamatan setempat dinilai cukup tinggi untuk mendapat suntikan vaksinasi dalam upaya meminimalisir potensi terpapar dari penularan COVID-19.

“Namun animo dan atusias masyarakat ini tidak sebanding dengan ketersediaan jumlah vaksin yang dialokasikan Dinas Kesehatan setempat,” kata Osa di Pulang Pisau, Rabu.

Terbatasnya jumlah vaksin ini, Osa berharap kepada masyarakat di kecamatan setempat untuk bisa bersabar hingga menunggu adanya kesiapan vaksin dari Dinas Kesehatan.

Menurutnya, pemerintah kecamatan hanya bersifat melaksanakan pendataan kepada warga yang menjadi target sasaran sehingga program pemerintah dalam penyaluran vaksinasi kepada masyarakat bisa tercapai dan berjalan dengan baik.

Osa tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah masyarakat di Kecamatan Kahayan Hilir yang telah mendapatkan vaksinasi karena data dari sejumlah kegiatan vaksinasi massal yang telah dilaksanakan belum masuk secara keseluruhan. Namun, untuk masyarakat yang terdata dan menjadi target sasaran secara persentase telah mencapai 80 persen dengan kreteria sasaran 18 tahun keatas, pra lansia dan lansia.

“Kita berharap jumlah dosis vaksin bisa kembali tersedia agar bisa memenuhi antusias masyarakat di kecamatan setempat. Antusias dari masyarakat ini, tidak terlepas juga dari peran lurah, kepala desa bersama perangkatnya sampai tingkat RT yang cukup baik dan intens melakukan pendekatan kepada masyarakat,” ucap Osa.

Baca juga: RSUD Pulang Pisau siapkan 20 tambahan tempat tidur tangani pasien COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo saat dikonfirmasi mengakui ketersediaan jumlah dosis vaksin yang sebelumnya diberikan sebanyak 30.000 dosis telah habis dan masih menunggu kembali distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kita masih belum bisa memenuhi permintaan masyarakat untuk vaksin yang mulai meningkat akhir-akhir ini,” terang Muliyanto.

Muliyanto juga menjelaskan dalam kegiatan vaksinasi massal terpaksa menggunakan dosis vaksin untuk tahap ke dua. Dinas Kesehatan setempat masih menunggu distribusi vaksin dari pemerintah provinsi yang direncanakan tiba pada hari ini dengan jumlah sebanyak 2.000 dosis.

Namun, dikatakannya bahwa vaksin ini hanya mengganti jumlah vaksin untuk tahap kedua yang telah terpakai sebelumnya. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi agar pemerintah bisa menambah dosis vaksin untuk Kabupaten Pulang Pisau.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau ingatkan masih banyak pekerjaan rumah harus diselesaikan

Baca juga: Dinas Perikanan Pulang Pisau wacanakan kampung papuyu

Baca juga: 13.274 rumah di Pulang Pisau belum layak huni


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar