Solidaritas Kemanusiaan 'Huma Betang' untuk kepentingan masyarakat Kalteng

id Gerakan solidaritas huma betang, agustiar sabran, komisi III dpr ri, palangka raya, kalteng, covid 19, pandemi

Solidaritas Kemanusiaan 'Huma Betang' untuk kepentingan masyarakat Kalteng

Anggota Komisi III DPR RI Agustiar Sabran didampingi sejumlah tokoh dan pemuda meresmikan kegiatan Solidaritas 'Huma Betang', Palangka Raya, Senin (26/7/2021). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Kegiatan Solidaritas Kemanusiaan 'Huma Betang' yang dibentuk Anggota Komisi III DPR RI Agustiar Sabran di tengah pandemi COVID-19 bertujuan untuk membantu masyarakat di Kalimantan Tengah baik yang terdampak maupun yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Kegiatan ini terbagi menjadi tiga bentuk, pertama dompet peduli, kedua percepatan vaksinasi, serta ketiga dapur umum dan peduli insan isolasi mandiri (isoman)," kata Agustiar usai peluncuran kegiatan tersebut di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, kegiatan ini murni bertujuan untuk membantu masyarakat Kalteng, dengan berkolaborasi bersama seluruh organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, pemuda, mahasiswa dan lainnya.

"Gerakan kami nantinya benar-benar tepat sasaran kepada orang yang sangat membutuhkan bantuan," tegasnya.

Ia mencontohkan, seperti warga tidak mampu dan warga yang tidak bisa melaksanakan aktivitasnya karena menjalani isoman di rumah masing-masing.

Baca juga: Solidaritas Kemanusiaan 'Huma-Betang' akan bagikan vitamin kepada masyarakat isoman

Kemudian melalui dompet peduli, gerakan bersama yang didukung tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pemuda tentunya untuk menyentuh hati para dermawan, agar bisa menyumbangkan sebagian hartanya membantu warga yang terdampak pandemi saat ini.

Para dermawan serta aparatur sipil negara di seluruh kabupaten dan kota yang ada di provinsi setempat bisa mengirimkan sumbangannya melalui nomor rekening 100-0202-1563-80 Bank Kalteng.

"Ini gerakan bersama untuk membantu sesama. Saya yakin ini sangat bermanfaat," ucap Agustiar yang juga merupakan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng itu.

Memulai gerakan tersebut Agustiar Sabran menyalurkan bantuannya melalui rekening Bank Kalteng milik solidaritas 'Huma Betang' untuk kepentingan rakyat sebesar Rp150 juta dan beras sebanyak 25 ton.

"Kemampuan saya memang terbatas dalam memberikan bantuan ini, namun uang bantuan itu bersumber dari rakyat dan akan saya kembalikan ke rakyat," bebernya.

Ditambahkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Wahyudi F Dirun yang juga tergabung dalam kepengurusan kegiatan tersebut, pihaknya juga akan membagikan ribuan vitamin untuk memulai kegiatan itu dalam aksi membantu masyarakat.

Selain itu pihaknya juga akan membantu program pemerintah pusat yakni mempercepat vaksinasi untuk warga yang belum mengikuti vaksinasi dosis satu dan dua.

"Saat ini pak sekda sudah membantu Rp10 juta, kemudian Kadin juga Rp10 juta dan beberapa donatur lainnya juga ada menyumbang, rata-rata ada yang Rp5 juta untuk awal gerak," tandasnya.

Selain para donatur ikut berpartisipasi, diharapkan kalangan Anggota DPR RI Daerah Perwakilan Kalteng bisa ikut berpartisipasi dalam membantu warga provinsi setempat yang terdampak COVID-19.