Bupati Murung Raya lantik 44 anggota BPD di delapan desa

id Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M Yoseph, Kabupaten Murung Raya, Murung Raya, Kalteng, anggota BPD di Murung Raya, Mura, Bupati Mura

Bupati Murung Raya lantik 44 anggota BPD di delapan desa

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, saat melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Sumber Barito, Rabu (28/7). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M Yoseph melantik dan mengambil sumpah/janji 44 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tersebar di delapan desa, di Kecamatan Sumber Barito, Rabu.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6/2014 Tentang Desa menyebutkan bahwa Pemerintahan Desa adalah Kepala Desa bersama BPD, dan dalam menjalankan tugas bertanggungjawab kepada bupati, kata Perdie saat melantik 44 anggota BPD di Puruk Cahu.

"Sinergitas ini merupakan komitmen bersama untuk mencapai satu tujuan yaitu mewujudkan masyarakat Murung Raya yang sehat, cerdas dan sejahtera," katanya.

Dirinya pun berharap, BPD yang  baru dilantik agar lebih amanah dan bekerja demi kemajuan pembangunan serta masyarakat di desa masing-masing. Apalagi jabatan adalah kepercayaan yang harus dipertanggungjawabkan sebagai suatu upaya peningkatan kinerja dalam melaksanakan tugas bersama untuk terus membangun Kabupaten Murung Raya.

Dia mengatakan seorang anggota BPD merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Sebab, fungsi dan peran politik anggota BPD sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap Peraturan Desa (Perdes) sangatlah penting dalam menentukan kemajuan suatu desa.

"Untuk itu saya berharap kepada anggota BPD, segera menyesuaikan diri dan bekerja, serta memahami betul terhadap segala situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada maupun yang berkembang di masyarakat," kata Perdie.

Adapun delapan 44 anggota BPD yang dilantik tersebut yakni 5 dari Desa Kalepeh Baru, 7 dari Desa Tumbang Masao, 5 dari Desa Batu Makap, 5 dari Desa Olong Liku. Kemudian 5 orang dari Desa Teluk Jolo, 5 orang dari Desa Tumbang  Mulut, 5 orang dari Desa Laas Baru dan 7 orang dari Desa Tumbang Tuan.

Acara pelantikan anggota BPD tersebut dihadiri wakil ketua DPRD Mura, Rahmanto Muhidin, Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Serampang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Mura Asnawiyah, Kalaksa BPBD Kariadi, Camat Sumber Barito, Indra Wijaya dan Unsur Tripika Sumber Barito.