Semangat hari jadi diharapkan memperkuat tekad tangani pandemi di Bartim

id Pemkab bartim, barito timur, tamiang layang, bupati bartim ampera ay mebas, hut bartim, pandemi covid 19

Semangat hari jadi diharapkan memperkuat tekad tangani pandemi di Bartim

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (kiri) menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Ketua DPRD Bartim Nursulistio di acara hari jadi ke-19 kabupaten setempat di Tamiang Layang, Selasa, (3/8). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling bergandengan tangan, bersama sama membangun dan mewujudkan Bartim sehat dan bebas COVID-19.



“Sesuai tema hari jadi kita yakni Bartim sehat, dengan semangat hari jadi dan semangat Gumi Jari Janang Kalalawah bersatu menangani pandemi COVID-19 ini,” katanya usai peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang, Selasa.



Peringatan HUT ke-19 Kabupaten Barito Timur masih dalam suasana pandemi COVID-19, sehingga masyarakat perlu tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan secara disiplin.



Dia juga mengakui, adanya tenaga kesehatan terpapar COVID-19 dan angka kasus COVID-19 meningkat dalam sepekan terkahir ini. Ditambah lagi dengan kondisi RSUD Tamiang Layang seperti ruang perawatan isolasi yang terbatas.



“Obat-obatan kita krisis. Oksigen untuk pasien COVID-19 juga krisis. Dengan kondisi ini, kita perlu bersatu menanggulanginya secara bersama-sama agar Bartim sehat,” kata pria kelahiran 3 Agustus 1967 itu.



Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan mengambil langkah konkrit yakni menyekat atau me-lockdown 26 desa di wilayah Kabupaten Barito Timur yang masuk kategori zona merah.



Dengan kondisi tersebut, Kabupaten Barito Timur mengharapkan ada dukungan dan bantuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.



Kondisi saat ini, kata Ampera, mari bersama-sama menerapkan disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.



“Saya juga mengajak membangun Barito Timur dengan tanpa memandang suku, ras dan agama, dan bekerja keras dan ikhlas menuju Gumi Jari Janang Kalalawah. Bangkit, Maju bersama-sama, berbakti dan berkarya,” kata Ampera.



Peringatan HUT ke-19 Kabupaten Barito Timur dilaksanakan secara sederhana melalui virtual melalui konferensi video yang dihadiri Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Forum Organisasi Perangkat Daerah (FOPD) Kabupaten Barito Timur, maupun kabupaten dan kota se-Kalteng.