Manfaatkan internet untuk memberi nilai tambah

id Pemkab kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, bupati kobar nurhidayah, kecakapan digital, internet beri nilai tambah kehidupan, literasi digital, s

Manfaatkan internet untuk memberi nilai tambah

Bupati Kobar Nurhidayah dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis, (11/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Nurhidayah mengatakan, penggunaan internet oleh masyarakat sudah seharusnya memberikan nilai tambah dalam kehidupan.

"Untuk itu masyarakat diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan internet dengan meningkatkan kecakapan digital," katanya dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kotawaringin Barat, Rabu.

Nilai tambah tersebut, baik dalam kegiatan pembangunan daerah, serta kehidupan masyarakat itu sendiri, baik dari sisi pendidikan, pekerjaan dan lainnya di era digital seperti saat ini.

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan rangkaian kegiatan webinar dalam gerakan nasional literasi digital yang dicanangkan pemerintah dan terus berjalan hingga saat ini.

Melalui rangkaian kegiatan ini, masyarakat dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta keterampilan digital yang ia miliki. Hingga pada akhirnya bisa memanfaatkan internet dengan optimal, termasuk bijak dalam bermedia sosial.

"Tugas kita bersama memastikan agar anak bangsa mendapatkan manfaat internet dengan baik dan benar," jelasnya.

Termasuk mengentaskan konten-konten negatif yang ada di dunia maya, seperti hoaks, ujaran kebencian, radikalisme, serta lainnya.

Sementara itu salah satu narasumber kegiatan yakni Ketua Kadin Kalteng Rahmat Nasution Hamka dalam webinar membahas tentang budaya digital.

Ia menjabarkan peluang besar yang tersedia di dunia digital, harus bisa dimanfaatkan para pelaku usaha di daerah untuk memperluas jangkauannya, serta berkompetisi di tingkatan yang lebih besar lagi.

"Memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan akan sangat bermanfaat," jelasnya.

Saat ini pelaku usaha harus mampu memanfaatkan media sosial maupun marketplace yang tersedia untuk memberi informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

Rahmat pun mendorong agar masyarakat terus meningkatkan kecakapan atau keterampilan digital yang dimiliki, sehingga dapat menerima manfaat yang semakin besar dari kemajuan serta perkembangan digitalisasi.