Pemkab Pulpis dukung gerakan nasional literasi digital

id Indonesia makin cakap digital, literasi digital, gerakan nasional literasi digital, cakap digital, pulang pisau, bupati pulpis pudjirustaty narang, ka

Pemkab Pulpis dukung gerakan nasional literasi digital

Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis, (12/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Pulang Pisau (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah mendukung gerakan nasional literasi digital yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

"Kami mendukung gerakan ini serta rangkaian kegiatannya," kata Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis.

Untuk itu diharapkan masyarakat Pulang Pisau bisa mengikuti dan memanfaatkan rangkaian kegiatan literasi digital melalui webinar ini.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan maupun pemahaman, sehingga masyarakat semakin cakap atau terampil dalam dunia digital.

Di era digital saat ini, keterampilan digital sangatlah penting agar masyarakat bisa memanfaatkan berbagai perkembangan khususnya di bidang teknologi informasi untuk menjadi nilai tambah dalam kehidupan.

Selain itu dengan semakin cakap digital, masyarakat juga diharapkan akan semakin bijak dalam menggunakan internet atau media sosial.

Hal ini seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo, yang ingin masyarakat semakin cakap digital agar salah satunya bisa 'membanjiri' internet dengan konten-konten positif maupun bermanfaat.

Lebih lanjut Bupati Pulang Pisau menjelaskan, sesuai arahan presiden, telah disusun peta literasi digital pada 2021-2024 untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong ilmu pengetahuan masyarakat di bidang teknologi, informasi serta komunikasi, hingga pemanfaatan teknologi baru.

Dalam hal ini telah dirumuskan empat kerangka yang meliputi kecakapan digital, keamanan digital, budaya digital, serta etika digital.

"Mari bersama-sama kita dukung gerakan ini dan mewujudkan masyarakat semakin cakap digital," ungkapnya.

Dalam webinar tersebut hadir sejumlah narasumber, yakni Ketua DPD KNPI Kalteng Rahmad Handoko membahas mengenai budaya digital dan publik figur Amanda Caesa membahas etika digital.

Kemudian Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Ika S Windiarti membahas keamanan digital, serta pembicara publik Indira Salsabilla membahas mengenai kecakapan digital.