Pelaku UMKM sudah divaksin ditandai dengan stiker

id Pelaku UMKM ,satpol pp jakarta barat,Pelaku UMKM sudah divaksin ditandai dengan stiker

Pelaku UMKM sudah divaksin ditandai dengan stiker

Petugas Satpol PP Jakarta Barat berikan stiker bertuliskan "Saya sudah divaksin" kepada pelaku UMKM yang sudah divaksin. (ANTARA / HO-Satpol PP Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat (Jakbar) menandai pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang sudah divaksin dosis pertama dengan stiker sebagai bentuk apresiasi.

"Kita tandai mereka yang sudah divaksin. Jika mereka ada gerobak, kita tempel stiker di gerobaknya. Ini bentuk apresiasi kita kepada para pelaku UMKM," kata Kasie Operasi Satpol PP Jakarta Barat Ivand Sigiro, saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Dia menyebut bunyi stikernya "Saya sudah divaksin".

Selain menempelkan stiker, petugas Satpol PP juga memberikan bantuan berupa paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada para pelaku UMKM.

Menurut Ivand, inisiasi penempelan stiker ini muncul dari kalangan warga tingkat RT dan RW dengan tujuan memberikan rasa aman kepada pelanggan UMKM tersebut.

Baca juga: DPRD Kotim apresiasi pemuda Sampit buat aplikasi online bantu UMKM

Atas keinginan tersebut, warga beserta Satpol PP pun mulai memberikan stiker ke beberapa UMKM di setiap kelurahan.

"Yang baru berjalan itu Kecamatan Cengkareng. Sudah berjalan sejak Senin kemarin (9/8). Nantinya akan ada data UMKM yang sudah dapatkan stiker," kata Ivand.

Dengan stiker tersebut, Ivand yakin bukan hanya pelanggan yang akan merasakan aman melainkan warga sekitar yang beraktivitas di dekat pelaku UMKM juga merasa nyaman.

Ivand juga mengimbau para pelaku UMKM yang masih beroperasi agar menjalani vaksinasi massal guna mempercepat program pemerintah dalam menekan angka penyebaran COVID-19.

"Tujuan kita untuk memberikan rasa aman, adanya stiker itu untuk memberikan rasa aman. Maka dari itu kita wajibkan vaksin," kata Ivand.

Baca juga: Jokowi harapkan pelaku usaha tahan banting di tengah pandemi

Namun, Ivand belum merinci berapa sasaran pelaku UMKM dalam program itu dan berapa UMKM yang sudah mendapatkan stiker. 

Data pada situs Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta Barat terdapat 272.761 unit UMKM. 

Baca juga: Artikel - Putar otak pelaku UMKM guna bertahan di tengah PPKM

Baca juga: Bertahan di tengah pandemi, PANDI dan BPP AKU bantu promosikan UMKM

Baca juga: Tips untuk UMKM bertahan selama PPKM Darurat