Pertamina ajak masyarakat Kotim tukar tabung gas 5,5 kg

id Pertamina ajak masyarakat Kotim tukar tabung gas 5,5 kg, Kalteng, Pertamina, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, kalteng

Pertamina ajak masyarakat Kotim tukar tabung gas 5,5 kg

Sales Branch Manager Rayon II Kalselteng Pertamina, Adamilyara Aqil Abdulmannan bersama Ketua Hiswana Migas Kotim dan Seruyan Axcel Narang dan Kepala Cabang BRI Sampit, Dhinar Adi Nugroho memantau pelayanan penukaran tabung gas 5,5 kg di Sampit, Rabu (18/8/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pertamina terus gencar mempromosikan program tukar dua tabung gas elpiji subsidi 3 kg menjadi satu tabung Bright Gas 5,5 kg, termasuk di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Kami ingin masyarakat masyarakat kategori mampu diharapkan bisa beralih ke tabung 5,5 kg. Jadi, gas tabung 3 kg itu bisa lebih tepat sasaran untuk masyarakat kurang mampu," kata Sales Branch Manager Rayon II Kalselteng Pertamina, Adamilyara Aqil Abdulmannan di Sampit, Rabu.

Aqil menjelaskan, Pertamina gencar mempromosikan penukaran dua tabung kosong gas 3 kg dengan Bright Gas 5,5 kg, termasuk di Kotawaringin Timur karena dinilai sudah banyak warga yang mampu dan sudah seharusnya tidak lagi menggunakan gas bersubsidi atau gas tabung 3 kg.

Untuk itulah diharapkan masyarakat beralih ke tabung 5,5 kg sehingga gas tabung 3 kg lebih tepat sasaran hanya digunakan oleh warga yang benar-benar tidak mampu. Selain itu, ini juga akan mengurangi beban negara dalam hal subsidi.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia ini Pertamina mengajak masyarakat untuk berpindah ke produk nonsubsidi. Warga cukup membawa dua tabung kosong gas 3 kg menjadi tabung Bright Gas dengan membayar Rp65.000.

Peserta promo trade in juga berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah dengan total nilai jutaan rupiah. Setiap konsumen akan mendapatkan hadiah langsung berupa paket sembako dan berkesempatan meraih undian berhadiah perabot elektronik seperti kulkas, kompor dan lainnya.

Khusus di Kotawaringin Timur, Pertamina menggandeng BRI meluncurkan desain kartu BRIZZI edisi spesial Bright Gas yang digunakan sebagai sistem pembayaran dalam program tersebut. Aqil menyebut ini merupakan yang pertama di Indonesia.

"Transaksinya menggunakan "cashless" (pembayaran digital atau nontunai). Ini juga mendukung program pemerintah dalam bertransaksi di tengah pandemi COVID-19 untuk menghindari penularan," jelas Aqil.

Baca juga: KUPA-PPAS perubahan APBD Kotim 2021 disetujui, ini rinciannya

Ketua Hiswana Migas Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, Axcel Narang menyambut baik program ini. Dia juga mengajak masyarakat yang mampu untuk beralih menggunakan gas nonsubsidi sehingga gas bersubsidi lebih tepat sasaran untuk warga tidak mampu.

"Kami mengapresiasi terobosan-terobosan seperti ini. Kami dukung Pertamina terus melakukan inovasi bersinergi dengan pihak lain dalam mempromosikan ini," kata Axcel Narang.

Kepala Cabang BRI Sampit, Dhinar Adi Nugroho mengatakan bahwa sinergi antar BUMN ini bertujuan untuk mendukung program "cashless" yang sedang digaungkan oleh pemerintah.

“Sebagai wujud komitmen, kami juga menghadirkan kartu BRIZZI yang didesain manis dengan tema Bright Gas untuk menarik perhatian masyarakat khususnya para Ibu rumah tangga yang menjadi target utama kegiatan ini. Kartu BRIZZI edisi spesial Bright Gas ini dapat diperoleh di BRI Kantor Cabang Sampit,” kata Dhinar.

Dhinar menambahkan periode promo trade ini akan berlangsung dari tanggal 18-20 Agustus 2021 di BRI Kanca Sampit. Penukaran tabung hanya dapat dilakukan di BRI Kantor Cabang Sampit menggunakan kartu BRIZZI edisi spesial Bright Gas selama periode promo berlangsung.

Baca juga: Upacara virtual jadi pilihan memperingati HUT RI di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Pemkab Kotim maknai HUT RI momen perjuangan mengatasi pandemi COVID-19