Pemkab Kotim maknai HUT RI momen perjuangan mengatasi pandemi COVID-19

id Pemkab Kotim maknai HUT RI momen perjuangan mengatasi pandemi COVID-19, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim maknai HUT RI momen perjuangan mengatasi pandemi COVID-19

Bupati Halikinnor menyerahkan bendera merah putih saat upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion 29 November Sampit, Selasa (17/8/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah memaknai peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momen pelecut semangat untuk terus berjuang mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Kita maknai di tengah pandemi ini kita lebih berinovasi dan lebih tangguh dalam menghadapi cobaan ini. Mudah-mudahan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional akan cepat pulih sehingga Indonesia menjadi tangguh dan tumbuh," kata Bupati Halikinnor usai memimpin upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion 29 November Sampit, Selasa.

Ini pertama kali bagi Halikinnor memimpin upacara HUT RI setelah dilantik menjadi bupati pada pada Jumat (26/2). Selain itu, ini merupakan tahun kedua HUT RI dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

Pelaksanaan upacara menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebanyak 75 anggota Paskibraka yang bertugas, sebelumnya melaksanakan pendidikan dan pelatihan sekitar satu bulan.

Halikinnor mengaku bersyukur upacara tetap bisa dilaksanakan meski pandemi COVID-19 masih terjadi. Jumlah peserta dibatasi dan semua menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Halikinnor mengajak seluruh masyarakat menjadikan HUT Kemerdekaan ini sebagai momen mengenang jasa pahlawan kemerdekaan. Mereka telah mendedikasikan jiwa dan raga mereka dengan darah air mata dan nyawa untuk memperjuangkan kemerdekaan negara ini.

Baca juga: RSUD Murjani Sampit berharap generator oksigen bantuan Kemenkes segera terealisasi

Kini tinggal tugas dan tanggung jawab generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan ini dengan membangun bangsa dan daerah. Setiap orang diharapkan berkontribusi sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing.

Terlebih di tengah pandemi COVID-19 ini, bantuan dan kepedulian semua pihak sangat dibutuhkan. Pandemi virus mematikan ini menimbulkan dampak luas di bidang kesehatan, perekonomian, pendidikan dan lainnya.

"Mari kita bersama-sama dan bahu membahu mengatasi pandemi COVID-19 ini. Kita tidak boleh lengah, tidak boleh kendur dan tidak boleh patah semangat. Kita harus terus berjuang agar pandemi ini bisa diatasi," ujar Halikinnor.

Halikinnor juga mengucapkan selamat dan apresiasinya kepada Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Timur yang menurutnya telah bisa menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu, acara juga diisi penyerahan sejumlah penghargaan kepada ASN menerima penghargaan masa bakti 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Selain itu juga ada penyerahan penghargaan untuk sejumlah pihak.

Baca juga: Bupati Kotim minta kebocoran CPO di Sungai Mentaya kembali dibersihkan