Orang tua diminta mengedukasi anak tentang pentingnya menggunakan masker

id Wabup seruyan, iswanti, kuala pembuang, masker, pandemi covid 19, protokol kesehatan, kalteng

Orang tua diminta mengedukasi anak tentang pentingnya menggunakan masker

Foto Dokumentasi - Wakil Bupati Seruyan Iswanti menyerahkan makanan kepada anak-anak di Kuala Pembuang beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti mengharapkan para orang tua berperan aktif mengedukasi anak untuk menggunakan masker, sebagai optimalisasi pencegahan penyebaran COVID-19.

“Saya harap orang tua mengedukasi anaknya untuk menggunakan masker terlebih saat pandemi COVID-19 yang belum berakhir,” kata Iswanti di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, memberikan pemahaman kepada anak terkait pentingnya menggunakan masker, memang harus dilakukan oleh seluruh orang tua sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap anak.

Dia mengatakan, meski angka kejadian dan fatalitas kematian dari COVID-19 pada anak tidak tinggi, tetapi anak tentu tetap bisa menularkan virus tersebut kepada orang yang lebih tua atau usia rentan.

“Maka dari itu, peran anak dalam menggunakan masker menjadi penting untuk turut menekan angka kematian akibat COVID-19,” jelasnya.

Selain menggunakan masker, anak-anak juga harus diedukasi tentang penerapan protokol kesehatan lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, sehingga penyebaran COVID-19 ini dapat ditekan.

“Upaya dalam memerangi COVID-19 ini harus dilakukan maksimal, yakni dengan tetap disiplin prokes, baik dalam penggunaan masker dan lainnya,” ungkapnya.

Tetapi Iswanti mengingatkan dan menyarankan, kepada seluruh orang tua di Bumi Gawi Hantantiring ini agar saat memberi pemahaman atau pengertian kepada anak, untuk tidak memaksa anak tetapi mencoba membuat anak mau melakukan tanpa paksaan.

“Orang tua harus mampu memberikan edukasi tersebut agar menarik dan bisa diikuti anak-anak tanpa melakukan pemaksaan terhadap mereka,” harapnya.

Dia menambahkan di Seruyan sendiri saat ini tingkat kesadaran anak dalam menerapkan prokes seperti menggunakan masker sudah cukup tinggi, hal tersebut bisa dilihat di lingkungan sehari-hari mereka.