Bupati Bartim: OPD wajib gotong royong bersihkan kantor masing-masing

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, Bartim, Kabupaten Barito Timur, Kalteng

Bupati Bartim: OPD wajib gotong royong bersihkan kantor masing-masing

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengecek kebersihan depan Kantor Dinkes Bartim sekaligus proyek peningkatan Jalan Nansarunai di Tamiang Layang, Jumat (3/9). ANTARA/Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyatakan bahwa dirinya telah memerintahkan secara resmi kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten setempat, agar melaksanakan gotong royong membersihkan kantornya masing-masing.

"Perintah resmi itu disampaikan melalui surat nomor: 660/419/DLH/2021, tanggal 31 Agustus 2021," kata Ampera di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, gotong royong perlu dilaksanakan untuk menumbuhkan nilai-nilai kegotongroyongan dan membuat lingkungan kantor bekerja menjadi bersih dan asri.

Selain itu, kata dia,  sebagai upaya membina komunikasi dan hubungan sosial, rasa kekeluargaan antara Aparatur Sipil Negara (ASN), Pekerja Harian Tetap (PHT) dan Pekerja Harian Lepas (PHL).

"Kegiatan gotong royong dimaksud dilaksanakan dalam bentuk kerja bakti bersih-bersih areal perkantoran pada hari Jumat, pada pekan pertama dan ketiga setiap bulannya," kata Ampera.

Orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu menilai, dengan adanya kerja bakti pembersihan kantor dua kali dalam sebulan, diharapkan ada perubahan kinerja dalam sinergitas pelayanan kepada masyarakat dalam beberapa bulan kedepan.

Selain aksi gotong royong bersih-bersih areal perkantoran, kepala OPD setempat juga harus memerintahkan bawahannya melaksanakan protokol kesehatan saat masuk dan bekerja di areal perkantoran.

Baca juga: Pemkab Bartim canangkan pembangunan sarana olahraga baru

"Protokol kesehatan itu penting untuk dilaksanakan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari terpapar COVID-19, sehingga tidak ada lagi ASN terpapar COVID-19," kata Ampera.

Protokol kesehatan dimaksud, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.

"Saya minta juga disampaikan juga ke tetangga di sekitar tempat tinggal, serta ajak mensukseskan vaksinasi yang terus dilaksanakan Pemkab Barito Timur," demikian Ampera.

Baca juga: 60 bidan disiapkan sebagai vaksinator di Bartim