Banjir mulai surut, warga Gunung Mas diminta tetap waspada

id DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Akerman Sahidar ,Banjir mulai surut, warga Gunung Mas diminta tetap waspada

Banjir mulai surut, warga Gunung Mas diminta tetap waspada

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar mengimbau kepada warga di kabupaten setempat agar tetap waspada, meski saat ini bencana banjir mulai surut.

“Warga harus tetap waspada terhadap bencana banjir, khususnya warga yang bermukim di bantaran sungai dan di dataran rendah,” ucap dia saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta masyarakat agar tidak ragu menghubungi kepala desa/lurah, camat, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), TNI/Polri, jika banjir kembali terjadi di daerah mereka.

Kepada kades/lurah serta camat juga diminta untuk selalu mengawasi kondisi di lapangan, dan segera menyampaikan kepada BPBD Gumas jika banjir kembali terjadi di wilayah mereka.  

Baca juga: ASN Pemkab Gunung Mas patungan bantu korban banjir

“Khusus kepada orang tua saya minta untuk mengawasi anak, dan tidak membiarkan anak bermain air banjir,” kata pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini.

Sebab, sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Barat, Rungan, Rungan Hulu, Manuhing, dan Manuhing Raya ini, banyak penyakit yang bisa menyerang anak akibat bermain air banjir.

Terlebih air banjir jelas tidak terjamin kebersihannya. Oleh sebab itu, dia meminta kepada orang tua agar tidak membiarkan anak bermain serta berenang di air banjir.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong juga meminta kepada warga agar selalu waspada terhadap bencana banjir, meski saat ini banjir mulai surut di beberapa titik.

“Seperti di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, yang sudah mulai surut. Walau sudah surut, saya minta kepada warga agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir,” kata dia.

Orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini juga meminta kepada seluruh pihak agar bersinergi menghadapi situasi bencana banjir yang terjadi saat ini.

Baca juga: DPRD Gumas ingin listrik PLN dimanfaatkan untuk usaha

Baca juga: Bupati Gumas inginkan bantuan merata pada warga terdampak banjir

Baca juga: Ketua DPRD Gumas ingatkan pemdes dukung penyelenggaraan penurunan stunting