Seleksi CASN Pemkab Katingan dimulai 21 September

id Seleksi CASN Pemkab Katingan dimulai 21 September, Kalteng, Katingan, kasongan

Seleksi CASN Pemkab Katingan dimulai 21 September

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan Pelatihan Kabupaten Katingan Bambang Harianto. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah Bambang Harianto mengatakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) pemerintah setempat dilaksanakan mulai 21 September sampai 4 Oktober 2021.

"Lokasi tes bertempat di Laboratorium CAT BKPP Kabupaten Katingan yang berada di Jalan M.T. Haryono komplek perkantoran Kereng Humbang Kasongan," kata Bambang di Kasongan, Selasa.

Seleksi CASN tersebut terbagi pada dua kelompok yakni calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) Non Guru.

Rincian kebutuhan pegawai ASN di Kabupaten Katingan 2021 sebanyak 1.307 orang dengan rincian tenaga guru sejumlah 1.124 orang, tenaga kesehatan 139 orang dan tenaga teknis sebanyak 44 orang.

Dari Lampiran I dan II pengumuman ketua panitia seleksi pengadaan calon ASN dan seleksi Kompetensi PPPK Non Guru Pemkab Katingan tahun anggaran 2021 Nomor : 810/ 05 /PANSEL.CASN/2021 Tanggal : 8 September 2021 yang berhak mengikuti seleksi SKD CPNS adalah 2.462 orang dan sebanyak 8 orang peserta seleksi dari jalur PPPK Non Guru.

Mengenai tempat tes antigen, Bambang menjelaskan bahwa peserta bebas memilih tempat pemeriksaan tes antigen, namun harus memperhatikan waktu masa berlaku surat hasil pemeriksaan agar tidak kedaluwarsa saat giliran mengikuti tes.

"Kami telah menghubungi Dinas Kesehatan agar bisa melakukan tes antigen di Katingan," ucap Bambang.

Dia menerangkan biaya tes antigen dibebankan kepada masing-masing peserta sesuai Perbup Katingan Nomor 55 tahun 2020 tanggal 5 Oktober 2020 tentang perubahan atas Perbup Katingan Nomor 34 tahun 2020 tentang tarif pelayanan kesehatan, tindakan pemeriksaan Swab kesehatan dan Rapid Tes Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Untuk mempermudah peserta, nantinya akan disiapkan tempat untuk pemeriksaan yang dekat dengan lokasi tes. Peserta yang belum dapat surat keterangan swab antigen bisa langsung datang lebih awal atau 2 atau 3 jam atau sehari sebelum dari jadwal tes sudah dilayani tes antigennya.

Baca juga: Pemkab Katingan kembali terima bantuan untuk warga terdampak banjir

"Kami minta peserta harus menaati Prokes COVID-19 dan datang sesuai dengan jadwal yang sudah disampaikan," tutur Bambang.

Pelaksanaan seleksi SKD CPNS akan dibagi dalam empat sesi dimana masing-masing sesi terdiri 50 orang peserta. Sesi pertama jam 08.00-09.40 WIB, sesi kedua mulai jam 10.30-12.10 WIB, sesi ketiga dari jam 13.00-14.40 WIB dan sesi keempat 15.30-17.10 WIB.

Sedangkan pelaksanaan seleksi PPPK Non Guru hanya satu sesi dan akan dilaksanakan pada hari terakhir seleksi tanggal 4 Oktober 2021 mulai pukul 15.40-17.50 WIB.

Bambang berharap agar seluruh peserta yang mengikuti seleksi baik CPNS, tenaga PPPK Guru dan Non guru agar benar-benar mempersiapkan diri baik kesehatan maupun belajar dengan sungguh-sungguh.

"Kami doakan lulus dalam mengikuti seleksi karena ini benar-benar tes melalui Computer Assisted Tes (CAT) BKN," demikian Bambang.

Baca juga: Pemkab Katingan berterima kasih dunia usaha bantu korban banjir

Baca juga: Bupati Murung Raya serahkan bantuan untuk korban banjir di Katingan

Baca juga: Gubernur Kalteng minta petugas sigap bantu masyarakat saat banjir dan pasca banjir