Warga Desa Inu mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis

id desa muara inu,pelayanan kesehatan,dinas kesehatan barut,barito utara,kecamatan lahei,sungai lahei,kalteng

Warga Desa Inu mendapat pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis

Warga Desa Muara Inu Kecamatan Lahei mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka HKN 2021, di desa setempat, Sabtu (18/9/2021).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 114 warga Desa Muara Inu Kecamatan Lahei mengikuti pelayanan pengobatan gratis yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021  di desa setempat.

"Pemeriksaan kesehatan gratis ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HKN tahun 2021," kata  Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara  Siswandoyo melalui Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Pariadi di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pasca banjir yang yang terjadi beberapa waktu lalu di beberapa kecamatan di Kabupaten Barito Utara.

Pemeriksaan Kesehatan gratis ini untuk seluruh masyarakat terkhusus di Desa Muara Inu  yang mengalami musibah banjir cukup parah di desa pedalaman Sungai Lahei (anak Sungai Barito).

"Kami di bantu oleh dua dokter yang bertugas di Puskesmas Kecamatan lahei yaitu dr Maulida dan dr Carles Butarbutar yang keduanya dari Puskesmas Lahei I dan Lahei II," katanya.

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh Pemdes Desa Muara Inu beserta masyarakatnya membuat pemeriksaan kesehatan gratis ini berlansung dengan lancar dan tidak mengalami kendala.

"Ada 114 warga yang memeriksakan kesehatannya pada petugas dan karena persiapannya sangat bagus dari Pemdes serta masyarakat Desa Muara Inu,  tim Dinkes Barut tidak mengalami kendala dan berlansung dengan baik,  aman dan lancar," katanya.

Selain itu juga, kata dia, ada beberapa keluhan masyarakat pasca banjir yang menenggelamkan  Desa Muara Inu. 

"Ada beberapa keluhan dari warga diantaranya Ispa,  Hipertensi, faktor-faktor Spikologis dan Alhamdulillah semuanya bisa terlayani dengan baik, " ujarnya.

Dikatakannya, selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis, Tim Dinas Kesehatan juga meninjau beberapa Pustu yang tenaganya berada di lapangan.

"Diantaranya Pustu Juju Baru, serta Pustu  Hurung Enep, tetapi untuk Pustu  Hurung Enep petugasnya sedang mengikuti tes CPNS, dan tetap kita laksanakan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakatnya," ujarnya.