DPRD Barsel dukung polisi tindak pelanggar aturan berlalu lintas

id DPRD Barsel dukung polisi tindak pelanggar aturan berlalu lintas, Kalteng, Barsel, barito selatan

DPRD Barsel dukung polisi tindak pelanggar aturan berlalu lintas

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin saat diwawancarai usai menghadiri apel Operasi Patuh Telabang 2021. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendukung kegiatan Operasi Patuh Telabang 2021 yang dilaksanakan di wilayah setempat, salah satunya untuk menindak warga yang melanggar aturan berlalu lintas.

"Kita mendukung kegiatan Operasi Patuh Telabang 2021 yang dilaksanakan selama 14 hari ke depan," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan Zainal Khairuddin usai mengikuti apel Operasi Patuh Telabang di Buntok, Senin.

Ia sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, apalagi ada kaitannya dengan upaya bersama dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Kegiatan ini juga salah satu yang menjadi fokus perhatiannya terkait dengan keselamatan bagi pengguna jalan. Menurutnya, keselamatan memang sesuatu yang pertama dan harus diutamakan dalam berlalu lintas.

"Sebab, dalam hal ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas," tambah politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan itu.

Selain untuk berdisiplin berlalu lintas, kegiatan operasi tersebut dalam upaya mencegah terjadinya kerumunan massa, dan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban.

Kemudian kata Zainal Khairuddin, kegiatan ini juga untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta menurunkan level PPKM.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat menurunkan kecelakaan lalu lintas, meningkatkan disiplin masyarakat khususnya di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dalam berkendara di jalan raya," harap dia.

Baca juga: Bupati Barsel: Keselamatan pengguna jalan menjadi hal utama

Ia berharap kegiatan Operasi Patuh Telabang ini bisa berjalan sukses dan baik, serta lalu lintas di Barito Selatan bisa berjalan dengan lebih lancar.

Zainal mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Barito Selatan ini supaya sebelum berkendara hendaknya menyiapkan terlebih dahulu surat menyurat dan memeriksa kelengkapan pada kendaraannya.

Warga yang berkendara di jalan raya diingatkan mematuhi rambu-rambu lalu lintas supaya tidak terjadi kecelakaan yang bisa membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

"Itu dimaksudkan agar aman dan menghindari terjadinya kecelakaan pada saat berkendara di jalan raya," demikian Zainal Khairuddin.

Baca juga: Legislator Barsel harapkan pemerintah desa kreatif kelola dana desa