DPRD Barsel minta pemkab segera salurkan bantuan korban banjir

id DPRD Barsel minta pemkab segera salurkan bantuan korban banjir, Kalteng, barsel, barito selatan

DPRD Barsel minta pemkab segera salurkan bantuan korban banjir

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin diwawancarai, di Buntok, Minggu (19/9/2021). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan Zainal Khairuddin SP meminta sekaligus mengharapkan pemerintah kabupaten setempat segera menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang rumahnya terdampak bencana banjir.

"Meskipun debit air sudah turun, namun dampak dari banjir ini sangat berpengaruh kepada perekonomian masyarakat terutama yang berada di bantaran Daerah Aliran Sungai Barito," katanya, di Buntok, Minggu.

Dikatakannya, walaupun dalam beberapa terakhir saat ini, meskipun air sudah menurun, namun masih ada rumah warga yang masih terendam banjir khususnya yang berada di bantaran DAS Barito.

Oleh karena itu, politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan itu mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMDes), Dinas Kesehatan (Dinkes) serta pemangku kepentingan lainnya dapat bergerak cepat.

“Pastinya gerak cepat itu dimaksudkan, guna melakukan distribusi bantuan bagi para korban yang terdampak bencana banjir, termasuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pinta wakil rakyat daerah pemilihan III Barsel itu.

Ia juga menyarankan, guna mempermudah pemantauan dan pengawasan secara langsung di lokasi terjadinya bencana banjir itu, diharapkan didirikan posko-posko darurat.

Baca juga: PWI Barsel bagikan sembako bantu korban banjir

Zainal Khairuddin juga meminta Dinas Kesehatan Barito Selatan supaya siaga dalam menangani apabila ada warga yang terdampak banjir sedang sakit. Saat banjir wabah penyakit seperti penyakit diare dan penyakit-penyakit lainnya akan bermunculan.

“Pastinya posko-posko yang tugasnya memberikan pertolongan pertama kalinya, apabila ada masyarakat yang terserang penyakit maupun hal-hal lain yang tidak kita inginkan,” katanya lagi.

Zainal Khairuddin juga menyarankan, agar Pemkab Barsel secepatnya melakukan penyaluran bantuan sembako atau bantuan lainnya, tanpa harus menunggu penetapan status darurat bencana.

“Dengan cepatnya bantuan itu disalurkan, maka secepatnya pula bantuan yang memang diperlukan masyarakat yang terdampak dari bencana banjir itu," demikian Zainal Khairuddin.

Baca juga: Berikut hasil pemutakhiran daftar pemilih Barsel Juni-Agustus

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021