Ketua DPRD usul anggota DPR dari dapil Kalteng ditambah jadi 9

id Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Wiyatno, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng, tambah anggota DPR RI dari Kalteng ,Ketua DPR

Ketua DPRD usul anggota DPR dari dapil Kalteng ditambah jadi 9

Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno mengaku ada menyampaikan usulan sekaligus mengharapkan peran DPD RI, agar turut membantu provinsi ini mendapatkan penambahan jumlah anggota DPR RI dari yang semula hanya enam, kedepannya menjadi delapan atau sembilan kursi.

Usulan menambah dari enam menjadi sembilan anggota di DPR RI dari daerah pemilihan Kalteng itu demi mengoptimalkan upaya memperjuangkan kemajuan pembangunan provinsi ini, kata Wiyatno melalui rilis yang diterima di Palangka Raya, Jumat.

"Kami menyampaikan usulan itu saat rapat koordinasi DPD RI dengan Ketua DPRD provinsi seluruh Indonesia secara virtual, Kamis (23/9/2021). Usulan itupun sudah diterima dengan baik DPD RI dan panitia BLUD DPR RI," beber dia.

Menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, tata cara penentuan jumlah kursi tiap provinsi di DPR RI, jangan hanya mempertimbangkan jumlah penduduk, tapi juga berdasarkan demografi ataupun luas wilayah.

Dia mengatakan ada satu kabupaten di Pulau Jawa yang jumlah penduduknya jauh lebih banyak dibandingkan di Kalteng. Alhasil, jika pertimbangannya berdasarkan penduduk, maka jumlah kursi di DPR RI satu kabupaten itu lebih banyak dibandingkan dari Kalteng.

"Kalau seperti ini terus, secara otomatis anggota DPR RI dari Dapil Kalteng akan selalu jauh lebih sedikit dibandingkan provinsi lain, khususnya dari Dapil di pulau Jawa," kata Wiyatno.

Baca juga: Legislator Kalteng minta sosialiasi program PSR lebih dioptimalkan

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu pun berharap, seluruh elemen di DPR RI dapat mendukung usulan penambahan jumlah kursi dari Dapil Kalteng.

Dia mengatakan Anggota DPR RI juga memiliki peranan penting dalam mendukung dan membantu kemajuan pembangunan di provinsi yang diwakilinya. Di mana anggota DPR RI itu menjadi penyambung sekaligus memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing ke pemerintah pusat.

"Kalau jumlah anggota DPR RI dari Dapil Kalteng semakin banyak, tentunya memperjuangkan aspirasi masyarakat di tingkat nasional menjadi lebih optimal juga. Itulah kenapa kami mengusulkan penambahan jumlah anggota DPR RI dari Dapil Kalteng," demikian Wiyatno.

Baca juga: Legislator minta pemda se-Kalteng perhatikan kesejahteraan buruh