DRPD Barsel minta pemkab perhatikan perajin lokal

id Dprd barsel, komisi I dprd barsel, ketua komisi I dprd barsel, raden sudarto, haji alex, perajin lokal barsel, buntok, kalteng

DRPD Barsel minta pemkab perhatikan perajin lokal

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Raden Sudarto. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah meminta pemerintah kabupaten setempat memerhatikan para perajin lokal di daerah itu.

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Raden Sudarto saat dihubungi di Buntok, Selasa, mengatakan pemerintah kabupaten harus memerhatikan perajin lokal agar perekonomiannya bisa meningkat.

"Hal itu mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19 dan beberapa sektor perekonomian di Indonesia masih belum normal, tak terkecuali di kabupaten ini," katanya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan pemerintah kabupaten agar terus memerhatikan perajin lokal supaya perekonomian bisa mengalami peningkatan meski di masa pandemi sekalipun.

"Perajin lokal ini perlu dibantu dan diperhatikan untuk meringankan beban mereka di masa pandemi, sehingga perekonomian mereka bisa meningkat," ucapnya.

Menurutnya kondisi ini dialami masyarakat terutama mereka yang berprofesi sebagai perajin lokal, yakni perekonomiannya bertumpu dari sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

Terutama perajin lokal berbasis rotan dan karet yang mengalami penurunan produksi akibat terdampak COVID-19. Banyak masyarakat yang mengharapkan adanya bantuan, seperti penyediaan mesin perontok rotan untuk mempermudah pekerjaan dan meringankan beban mereka.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini meyakini pemerintah daerah bisa mengadakan mesin tersebut. Hanya saja dalam mekanisme penggunaannya harus jelas dan jangan sampai menguntungkan satu pihak saja.

"Saya rasa, pemkab bisa mengadakan mesin tersebut untuk para perajin, tapi dengan catatan nantinya mekanisme penggunaannya harus diperjelas, sehingga tidak menguntungkan salah satu pihak saja," ungkap Raden Sudarto.