Program vaksinasi massal pelajar di Palangka Raya diharapkan merata

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalteng

Program vaksinasi massal pelajar di Palangka Raya diharapkan merata

Siswi SMPN-3 Palangka Raya mengikuti vaksinasi massal yang dilaksanakan di sekolahnya Jalan Rajawali Induk, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto, mengingat sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, agar melakukan pemerataan dalam vaksinasi bagi para pelajar yang berada di wilayah setempat.

"Penting pemerintah menjalankan program vaksinasi terhadap pelajar ini secara merata dan mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang rencananya akan segera dilaksanakan," kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, di tengah rencana penerapan PTM terbatas bagi peserta didik, maka untuk memberikan rasa nyaman bagi para orangtua tidak lain anak didik harus mendapat perlindungan dan keamanan, sehingga tidak terpapar virus COVID-19. Sebab, pemerataan pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 sangat diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi orangtua, untuk menitipkan anak didiknya kembali belajar di sekolah.

"Kami memang mengharapkan PTM bisa berjalan. Tetapi untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan upaya bersama, baik pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan segala ketentuan yang sangat sarat dengan kondisi pandemi," ucap Sigit.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng, tak bisa dipungkiri vaksinasi kepada pelajar menjadi kewajiban untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Apalagi selama ini jumlah siswa lebih banyak dibandingkan guru dan tenaga pendidik. Kalau vaksinasi mencapai 70 persen di Kota Palangka Raya, tentunya pembelajaran tatap uda akan bisa laksanakan.

"Kalau hanya guru yang divaksin, maka kekebalan komunitas belum terbentuk, karena kekebalan kelompok terbentuk jika minimal 70 persen populasi sudah divaksin. Bila hal ini bisa dipenuhi, maka diyakini PTM dapat berjalan sesuai harapan," ungkapnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya apresiasi penertiban pelanggar prokes

Sementara itu kegiatan vaksinasi terhadap para pelajar dalam beberapa minggu ini di Kota Palangka Raya, terus digenjot oleh beberapa organisasi masyarakat yang bekerja sama dengan sejumlah stakeholder baik dari pemerintah setempat dan instansi lainnya.

Kegembiraan siswa dan siswi yang sudah divaksinasi agar kekebalan tubuhnya stabil di tengah pandmei COVID-19 seperti sekarang ini, terlihat sangat senang. Bahkan antusiasme mereka untuk divaksin juga sangat tinggi.

Baca juga: Legislator: Cegah klaster sekolah saat PTM di Palangka Raya

Baca juga: Legislator Palangka Raya: Mari lestarikan budaya jangan sampai tergerus