Tingkatkan keterampilan melalui 'Indonesia makin cakap digital'

id Pemkab kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, bupati kobar nurhidayah, kecakapan digital, internet beri nilai tambah kehidupan, literasi digital, s

Tingkatkan keterampilan melalui 'Indonesia makin cakap digital'

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kobar, Kamis, (7/10/2021). (ANTARA/HO-Siberkreasi)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah diminta memaksimalkan literasi digital melalui Webinar Indonesia Makin Cakap Digital.

"Manfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan digital," kata Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah dalam webinar untuk wilayahnya, Kamis.

Hal ini sangatlah penting dilakukan, agar internet bisa benar-benar memberikan nilai tambah dalam kehidupan, misalnya dalam menunjang pekerjaan, kehidupan bermasyarakat, pendidikan, serta lainnya.

Apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih melanda, sehingga berbagai aktivitas masih terbatas dan tentunya harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Sehingga memaksimalkan kemajuan teknologi informasi maupun internet dalam menunjang berbagai aktivitas sehari-hari sangatlah tepat dilakukan oleh masyarakat.

Nurhidayah menyampaikan dengan memanfaatkan webinar yang diselenggarakan pemerintah pusat bekerja sama dengan pihak terkait lainnya ini, diharapkan masyarakat semakin cakap digital.

Selain cakap, masyarakat juga diharapkan semakin memahami budaya digital, etika digital, hingga tentang keamanan digital agar bisa semakin nyaman dalam pemanfaatannya.

Semua pihak juga diminta berpartisipasi, khususnya dalam menyiapkan anak-anak maupun generasi penerus, termasuk dalam pemanfaatan internet secara benar.

"Tugas kita bersama memastikan agar anak bangsa mendapatkan manfaat internet dengan baik dan benar," terangnya.

Hal ini juga termasuk dalam mengentaskan konten-konten negatif yang ada di dunia maya, seperti ujaran kebencian, hoaks, konten pornografi, serta lainnya.

Dalam webinar kali ini sejumlah narasumber dihadirkan, seperti Dosen Universitas Antakusuma Pangkalan Bun Gregorius Anung, Widyaswara Kemenag Rofikatul Karimah, Direktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ENTER Pangkalan Bun Sigit Hariyanto, serta seorang entertainer Juliet Georgiana Marlyn.

Masing-masing dari narasumber ini memiliki kompetensi yang sangat baik di bidangnya masing-masing dan membahas tentang hal yang berbeda, mulai dari kecakapan digital, etika digital, budaya digital, hingga keamanan digital.