Memahami kelebihan masyarakat digital

id Literasi digital, indonesia makin cakap digital, kapuas, kalteng, siberkreasi, kominfo

Memahami kelebihan masyarakat digital

Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Jumat, (8/10/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Masyarakat digital adalah masyarakat yang memiliki pola interaksi yang sangat dipengaruhi keberadaan jaringan teknologi informasi dan komunikasi.

"Masyarakat digital memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya kemudahan dalam menyebarkan maupun mencari informasi," kata narasumber Webinar Indonesia Wilayah Kapuas Kadeni, Jumat.

Selain itu kelebihan masyarakat digital adalah tidak terbatas oleh ruang dan waktu saat berinteraksi, memiliki lapangan pekerjaan yang luas terutama yang berkaitan dengan teknologi dan informasi.

Kemudian memudahkan proses komunikasi jarak jauh dengan cepat dan waktu riil, serta berbagai aktivitas bisa dilakukan lebih cepat, efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Contoh masyarakat digital seperti proses pelayanan perkantoran dilakukan secara daring atau online, transaksi secara daring, hingga pertemuan atau rapat menggunakan konferensi video.

"Adapun ciri-ciri masyarakat digital yakni memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap informasi," jelasnya yang menjabat sebagai Ketua PGRI Kapuas tersebut.

Ciri lainnya yakni mengalami perubahan pola interaksi masyarakat dari langsung menjadi tidak langsung atau melalui jejaring sosial, hingga menggunakan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan seperti dalam sektor ekonomi, kesehatan serta lainnya.

Pilar utama masyarakat digital meliputi 'digital citizenship' yakni penggunaan perangkat digital dalam pelayanan publik maupun pemerintahan, 'digital lifestyle' yakni penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, maupun 'digital commerce' yakni penggunaan teknologi digital dalam aktivitas ekonomi.

Sementara itu dalam webinar tersebut, juga hadir narasumber lainnya seperti perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Kalteng Ricky Chandra membahas tentang kecakapan digital, seorang konten kreator Reza Nangin membahas tentang etika digital, serta konten kreator Maria Defi membahas tentang keamanan digital.

Diharapkan melalui gerakan nasional literasi digital ini, masyarakat di seluruh penjuru tanah air termasuk Kapuas, semakin cakap atau terampil digital, sehingga pemanfaatan ruang digital bisa dilakukan secara maksimal.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021