Legislator sebut masyarakat Telaga Pulang harapkan pembangunan pabrik es

id Dprd seruyan, denni rahmadhani, pabrik es, telaga pulang, danau sembuluh, seruyan, kalteng

Legislator sebut masyarakat Telaga Pulang harapkan pembangunan pabrik es

Legislator Seruyan Denni Rahmadhani. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Denni Rahmadhani menyampaikan, masyarakat di Desa Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh mengharapkan pembangunan pabrik es untuk mendukung pengawetan ikan di wilayah setempat.

“Hal tersebut disampaikan langsung oleh masyarakat saat kami melaksanakan kunjungan kerja atau reses di Desa Telaga Pulang, karena mereka kesulitan dalam proses penyimpanan ataupun pengawetan ikan hasil tangkap,” kata Denni di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, di wilayah desa tersebut memang untuk hasil perikanannya sangat melimpah baik dari nelayan tangkap ataupun budidaya, sehingga agar bisa menjaga kesegaran ikan perlu proses pengawetan seperti menggunakan es. Kendati demikian untuk mendapatkan es di wilayah tersebut terbilang cukup sulit.

“Saya rasa di Desa Telaga Pulang ini sangat pantas untuk didirikan pabrik es untuk mendukung pengawetan ikan hasil nelayan, sehingga bisa membantu nelayan di wilayah setempat menyimpan ikan mereka dalam keadaan segar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, faktor kesegaran ikan juga menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap kualitasnya dan juga yang pasti harganya. Maka agar para nelayan di wilayah setempat bisa memaksimalkan hal tersebut, harus ada dukungan dari Pemkab Seruyan seperti pembangunan pabrik es.

“Kalau ikannya itu kualitasnya tidak bagus tentu akan berpengaruh terhadap harganya, saya rasa menggunakan es pengawetan ikan ini memang perlu, terlebih untuk mengirim keluar desa pastinya cukup memakan waktu,” jelasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengharapkan agar hal tersebut bisa menjadi perhatian bagi instansi terkait, mengingat masyarakat khususnya nelayan di daerah itu sudah bekerja maksimal dalam peningkatan hasil.

“Seharusnya kalau sudah masyarakatnya bekerja maksimal untuk meningkatkan hasil perikanan di Seruyan ini, harus kita barengi dengan dukungan sehingga potensi yang dimiliki benar-benar bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” ungkap Denni.