Cegah banjir, masyarakat Barsel diimbau jaga kebersihan drainase

id Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri, Barito Selatan, masyarakat Barsel diimbau jaga kebersihan drainase

Cegah banjir, masyarakat Barsel diimbau jaga kebersihan drainase

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai beberapa waktu di Buntok. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengimbau sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, menjaga kebersihan drainase di tempatnya masing-masing, agar banjir pada saat musim hujan seperti sekarang ini bisa dicegah.

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya dibebankan kepada pemerintah saja," kata Eddy Raya melalui rilis yang diterima dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Barito Selatan di Buntok, Rabu.

"Jadi, kami minta kepada masyarakat bisa lebih berperan aktif dalam menjaga kebersihan drainase, setidaknya di wilayahnya masing-masing," ucapnya.

Dikatakannya, peran aktif masyarakat ini sangat diperlukan dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dalam menangani sampah dan kebersihan dilingkungannya masing-masing.

"Kesadaran masyarakat membantu menjaga kebersihan yang bisa dimulai dari memelihara kebersihan dilingkungan rumah masing-masing," kata Eddy Raya.

Untuk drainase yang ada di depan rumah masing-masing, hendaknya selalu dibersihkan dari sampah plastik yang acap kali ditemukan saat pembersihan drainase yang tersumbat.

Baca juga: Bupati Barsel: Perusahaan wajib perhatikan amdal dan tenaga lokal

Bupati Barsel itu juga mengajak masyarakat supaya bisa bersama-sama memelihara dan jaga kebersihan lingkungan, terutama drainase yang sudah disediakan jangan sampai tersumbat dikarenakan sampah yang tidak dibersihkan.

"Jangan hanya menunggu upaya dari pemerintah dan kalau membuang sampah hendaknya pada tempat yang sudah disediakan," pinta Bupati Barito Selatan ini.

Ia menambahkan, kalau semua pihak bisa bersinergi maka permasalahan banjir akibat drainase tersumbat ini dapat ditangani bersama.

"Selain itu saya meminta kepada camat, lurah hingga RT dapat memperhatikan wilayahnya masing-masing dan warganya diminta untuk bergotong royong membersihkan lingkungannya secara rutin," pinta bupati.

Baca juga: Bupati Barsel apresiasi Danau Ganting ditetapkan sebagai desa peduli pemilu