Bupati Barsel apresiasi Danau Ganting ditetapkan sebagai desa peduli pemilu

id Bupati Barsel apresiasi Danau Ganting ditetapkan sebagai desa peduli pemilu, Kalteng, barsel, Barito selatan

Bupati Barsel apresiasi Danau Ganting ditetapkan sebagai desa peduli pemilu

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat menyampaikan sambutan dalam acara program desa peduli pemilu, di Danau Ganting, Senin (6/12/2021). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengapresiasi ditetapkannya Danau Ganting Kecamatan Dusun Selatan sebagai desa peduli pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan.

“Atas nama Pemkab Barsel saya mengapresiasi KPU Kalteng telah menetapkan Desa Danau Ganting sebagai desa/kelurahan peduli pemilu,” kata Eddy Raya Samsuri, di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, melalui program desa/kelurahan peduli pemilu, diharapkan dapat semakin menggugah kesadaran kolektif dari masyarakat untuk terlibat aktif dalam setiap proses demokrasi.

Harapannya, tingkat partisipasi masyarakat dalam setiap penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan akan semakin meningkat.

Selain itu ia juga mengatakan, desa/kelurahan merupakan titik sentral setiap perhelatan demokrasi yang dilaksanakan, baik dalam pemilihan umum, pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati/walikota.

Menurut Eddy, penyelenggaraan pemilihan umum serentak di tahun 2024 yang akan datang, akan lebih kompleks tingkat kerumitan dan tantangannya dibanding dengan penyelenggaraan pemilu pemilu sebelumnya.

"Dengan hadirnya program desa/kelurahan peduli pemilu dan pemilihan ini, melalui para kader-kader yang terlibat di dalamnya, akan sangat membantu dalam menyebarluaskan informasi-informasi yang berkaitan dengan pemilu dan pemilihan, termasuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

Baca juga: Ketua DPRD Barsel: Pemkab kembali ajukan dua raperda baru

Ia mengucapkan terima kasih kepada KPU RI melalui KPU Kalteng telah memberikan kepercayaan dengan menunjuk Desa Danau Ganting sebagai salah satu locus pelaksanaan program desa/kelurahan peduli pemilu dan pemilihan.

Dari 68 desa/kelurahan yang dipilih sebagai locus untuk percontohan di seluruh Indonesia, KPU memilih Desa Danau Ganting sebagai salah satu dari dua locus yang terpilih dari 1.432 desa yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Ini adalah suatu kehormatan. Kita akan memberikan dukungan untuk sukses dan lancarnya pelaksanaan program tersebut,” ucap dia.

Ia juga berharap dapat memberikan andil yang positif dalam perkembangan dan kemajuan kehidupan berdemokrasi agar semakin baik serta meningkatnya partisipasi politik masyarakat.

Baca juga: Disporabudpar Barsel promosikan wisata melalui pagelaran seni budaya