Peningkatan jalan Tamiang Layang-Murutuwu dilaksanakan 2022

id Pemkab bartim, pupr bartim, pengaspalan jalan tamiang layang-murutuwu, serapat, bupati bartim, ampera ay mebas, jumail paladuk, tamiang layang, bartim

Peningkatan jalan Tamiang Layang-Murutuwu dilaksanakan 2022

Kadis PUPR Perkim Barito Timur, Yumail J Paladuk. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman (PUPR Perkim) akan melakukan peningkatan jalan rute Tamiang Layang-Murutuwu di wilayah Desa Serapat, Kecamatan Dusun Timur.

“Sesuai dengan perintah Bupati Barito Timur, kami lakukan peningkatan jalan tersebut pada 2022 nanti,” kata Kadis PUPR Perkim Barito Timur, Yumail J Paladuk di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, sesuai aspirasi masyarakat yang diterima Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, jalan tersebut merupakan penunjang serta penghubung masyarakat di beberapa desa antar kecamatan yang sudah rusak berlubang.

“Inti yang diharapkan bupati agar jalan tersebut mulus dan tidak menjadi kendala bagi masyarakat untuk dijadikan akses transportasi, maupun untuk mengangkut hasil pertanian guna diniagakan,” terangnya.

Ditambahkan Yumail, peningkatan jalan tersebut dianggarkan Rp2,2 miliar lebih untuk peningkatan jalan sepanjang dua kilometer. Tahun ini sudah dilakukan peningkatan dengan penimbunan menggunakan 'base coarse' (timbunan dengan bahan batu pecah).

Base course adalah jenis material batu hasil dari penghancuran dengan alat pemecah batu hingga menjadi batuan kecil,sehingga memiliki fungsi untuk dijadikan sebagai permukaan media jalan agar lebih padat.

“Base course agar jalan tersebut bisa padat dan bisa fungsional sebelum dilakukan peningkatan dengan pengaspalan pada tahun depan,” kata Yumail.

Selain jalan Tamiang Layang-Murutuwu, kata Yumail, ada juga peningkatan jalan Desa Magantis-Harara, jalan lingkar rute Longkang-Magantis dan jalan lingkar Longkang-Mangkarap.

“Memang ada dampak dari pandemi COVID-19. Namun pembangunan infrastruktur itu merupakan komitmen Bupati Barito Timur sehingga dilakukan pemilihan skala prioritas maupun skala besar,” kata Yumail.