Petani di Seruyan diminta buat proposal usulan bantuan pertanian

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalteng, Seruyan

Petani di Seruyan diminta buat proposal usulan bantuan pertanian

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengimbau sekaligus meminta kepada para petani di wilayah setempat, agar membuat proposal berkaitan dengan usulan pembangunan infrastruktur maupun bantuan pertanian lain, yang memang benar-benar diperlukan.

"Kalau ada jalan atau jembatan yang rusak atau belum dibangun, saya sarankan agar membuat usulan proposal dan diajukan kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian," kata Bejo di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, infrastruktur pertanian tersebut baik yang meliputi jembatan penyeberangan ataupun jalan usaha tani (JUT), sehingga dengan adanya usulan tersebut bisa menjadi dasar instansi terkait untuk melakukan pembangunannya.

"Jadi, tidak ada salahnya untuk mengusulkan proposal kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait. Misalnya memang sekiranya diperlukan ada jembatan silahkan diusulkan, begitu juga dengan JUT,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, memang harus diakui bahwa masih banyak infrastruktur pertanian di Bumi Gawi Hantantiring ini yang memerlukan perhatian lebih dari Pemkab Seruyan. Hal ini penting dilakukan mengingat infrastruktur pertanian seperti jembatan dan JUT merupakan salah satu faktor pendukung utama agar sektor pertanian di wilayah setempat bisa maju.

Baca juga: Realisasi pendapatan daerah 2021 capai 99,96 persen

"Infrastruktur itu penting untuk akses para petani, seperti mengangkut hasil panen dan lain sebagainya. Makanya saya sarankan kepada petani usulkan saja dulu, nanti proposalnya bisa diserahkan ke kami untuk kemudian kita sampaikan kepada dinas terkait," jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu mengharapkan kepada pemerintah setempat agar bisa menyetujui apa yang menjadi usulan dari masyarakat karena hal tersebut untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan bagi mereka.

"Usulan itu merupakan permintaan dari masyarakat dan kalau memang itu bermanfaat bagi mereka maka perlu kita realisasikan, sehingga para petani di Seruyan bisa sejahtera," demikian Bejo.

Baca juga: Bupati harapkan masyarakat optimalkan pemanfaatan bantuan sarpras perikanan

Baca juga: Masyarakat Seruyan keluhkan kenaikan pupuk dan pestisida